PSI Sambut Baik KTT ASEAN ke-42 di Labuan Bajo, Kompak Antar Negara Tetangga Yang Bersahabat

JurnalPatroliNews – NTT – Hari ini Selasa, 10 Mei 2023, Presiden Joko Widodo membuka secara resmi KTT ASEAN ke-42 di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur. Kali ini ada anggota baru, Timor Leste, sehingga negara-negara ASEAN berjumlah sebelas, Indonesia, Singapura, Malaysia, Thailand, Filipina, Vietnam, Brunei, Laos, Kamboja dan Myanmar.

“Seperti sudah ditegaskan Pak Jokowi bahwa ASEAN tidak boleh jadi proksi dari negara mana pun, atau pihak mana pun. Dengan keketuaan Indonesia di ASEAN kali ini, kolaborasi dan Kerjasama dengan siapa pun dan negara mana pun terbuka. Asal saling menguntungkan dan saling menghormati, kita menjunjung kedaulatan negara masing-masing,” tegas Andre Vincent Wenas, Ketua DPP Partai Solidaritas Indonesia, dalam perbincangannya kepada wartawan.

PSI menyambut baik dengan diadakannya KTT ASEAN ke-42 ini di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur. Sebuah prakarsa yang baik dan jeli untuk membuka banyak peluang lainnya di daerah. Diharapkan kekompakan dan kerja sama baik antar anggota bisa membuahkan banyak kemajuan.

“Banyak aspek yang bisa diselesaikan asalkan jalur komunikasi antar negara dan antar para pemimpinnya terjalin baik. Ambil contoh baru-baru ini, pemerintah Indonesia berhasil menyelamatkan 20 WNI korban perdagangan manusia dari wilayah konflik di Myanmar. Lalu pada 5 Mei lalu giliran otoritas Filipina dan perwakilan negara lain, termasuk Indonesia, menyelamatkan 1.048 orang dari 10 negara, 143 di antaranya adalah dari Indonesia. Ini khan luar biasa,” kata Andre.

Komentar