Wajib Tahu Penipuan Property Atau Jual Beli Tanah Kaplingan

Oleh: KRH Aryo Gus Ripno Waluyo, SE, SP.d, S.H, C.NSP, C.CL, C.MP *)

Ada beberapa modus khususnya di Indonesia yang sangat umum ditemui. Biasanya dalam bentuk cukup halus sehingga sulit untuk dilihat pertama kali. Jadi, perlu mengatasi dengan menengok beberapa jenis modus berbahaya.

Pengetahuan mengenai apa saja modus penipuan jual beli tanah harus dipahami. Apalagi kebutuhan mengenai aset tanah belakangan ini terus menambah. Tidak heran jika agen dan makelar juga banyak bertambah.

Tentu saja mereka menawarkan biaya yang mungkin jauh lebih tinggi. Ditambah lagi bisa berbohong mengenai kondisi beserta riwayat aset tersebut. Begitu juga mengenai tambahan biaya setelah proses transaksinya sudah selesai.

Terutama yang tidak memberikan layanan terbaiknya untuk Anda. Termasuk mencoba melakukan penipuan dengan berbagai macam jalur. Harus diketahui juga kalau mafia dan agen sudah berkembang cukup besar. Pada daerah perkotaan maupun pinggiran terdapat pihak semacam ini. Tentu cukup buruk kalau Anda pakai sebagai pihak untuk mencarikan aset.

Mafia Dan Agen Penipuan Jual Beli Tanah

Sementara itu untuk agen juga menipu tidak kalah buruk. Misalnya dengan menipu mengambil dokumen Anda untuk membeli, ternyata transaksinya palsu. Begitu juga jika menjual di mana ternyata memakai dokumen palsu.

Selain itu modus penipuan jual beli tanah yang terjadi pada lahan kosong lebih parah. Kalaupun Anda melakukan gugatan, dijamin kalah. Sertifikat semacam ini ternyata sangat berbahaya karena dapat mengusir warga. Pastinya tidak bisa berbuat apapun lagi karena dikalahkan. Bahkan terpaksa pergi disebabkan mafia tersebut memiliki kekuatan besar.

Modus penipuan jual beli tanah dengan menggunakan surat girik palsu. Tapi bisa dipercayai karena dibuatkan sertifikat asli. Tentu bisa sampai diresmikan karena para oknum tersebut bekerja sama.

Biasanya beberapa properti yang mereka incar adalah properti tanpa adanya konversi. Ditambah lagi dengan tanah kosong yang sudah tidak dipakai pemiliknya. Begitu juga dengan properti yang sudah mengalami sengketa.

Khusus para mafia dalam modus penipuan jual beli tanah terbilang sangat buruk. Terlebih karena terdiri dari beberapa jaringan besar. Tentu bukan hanya melibatkan makelar melainkan adanya pengaruh oknum.

Semakin berkembangnya zaman, penipuan properti diharapkan agar berkurang. Tapi nyatanya bukannya menghilang malah bertambah lebih parah. Terutama karena para penipu tersebut membuat cara lebih sulit dengan menjadi mafia.

Kalau ada modus dengan menawarkan kavling atau perumahan murah perlu dihindari. Terutama karena persyaratan lebih mahal. Tentu sebelumnya tidak dipermasalahkan karena dijamin aman.

Modus penipuan jual beli tanah zaman sekarang sudah semakin memburuk karena memasuki syariah. Padahal pada awalnya syariah dijamin sangat positif bagi setiap orang. Terutama karena terlindungi dengan ketentuan agama.

Karena sudah dipercayai masyarakat, kemudian mulailah dibuat dalam sisi menipu. Harus diketahui kalau syariah dilengkapi prosedur sangat ketat. Tentu dimaksudkan supaya menghentikan para penipu bekerja.

Apalagi dengan nilai DP minim artinya ada kemungkinan cicilannya juga kecil. Kemudian menimbulkan masalah legalitas yang harus ditanyakan. modus penipuan jual beli tanah bersifat syariah tentu masih dilakukan oleh para oknum. Mereka ingin mencari untung sebanyak mungkin. Bahkan tidak berbelas kasihan sama sekali pada para korbannya.

Pastikan untuk mengetahui beragam macam modus terjahat yang baru juga. Kalau perlu demi menghindari masalah buruk sudah memilih pendamping hukum. Bisa menghindari modus penipuan jual beli tanah sekaligus mengatasinya.

*) Advokat Peradi Perjuangan, Budayawan, Penulis, Spiritualis

Komentar