Selasa, 16 Juli 2019 21:22 WIB

MOBIL

Akibat Cacat Airbag, Toyota Recall Rush

E. Wardiyanto - jurnalpatrolinews
Akibat Cacat Airbag, Toyota Recall Rush Foto : Toyota Rush (Istimewa)

JURNALPATROLINEWS - PT Toyota-Astra Motor (TAM) telah mengumumkan penarikan kembali terhadap ribuan Toyota Rush setelah ditemui potensi curtain airbag dapat mengembang secara tidak sengaja pada kondisi tertentu karena adanya pemrograman komputer yang tidak sesuai.

Jika Toyota Rush direcall akibat kerusakan komponen ECU, bagaimana dengan kembarannya Daihatsu Terios? Sebagai mobil best seller Daihatsu setelah Gran Max dan Xenia, nama Terios ikut disangkut-sangkutkan dengan penarikan kembali.

Penggantian ECU airbag ini diinisiasi secara global oleh Toyota Motor Corp (TMC) terhadap seluruh distributor Toyota di dunia, termasuk Toyota Indonesia. All New Rush yang terkena adalah produksi Desember 2017-Februari 2019.

Daihatsu sendiri sudah menyatakan bahwa Terios tidak ikut dalam kampanye perbaikan seperti yang dilakukan Toyota terhadap Rush yang dimulai kemarin (15/7).

Terios sendiri dinyatakan aman setelah Daihatsu menyatakan bahwa SUV 7 penumpang tersebut hanya memiliki dual SRS airbag untuk dua penumpang depan. Sedangkan Rush memiliki 6 airbag, yang tersebar di depan dan samping pengemudi dan penumpang atau curtain airbag.

Namun demikian pihak PT Astra Daihatsu Motor (ADM) akan tetap melakukan pengecekan terhadap Terios, terutama komponen airbag.

"Ini sedang (kami) cek Informasinya. Jika ada info lebih lanjut akan diupdate langsung," ujar pihak Daihatsu.

(ON)


KOMENTAR