Jumat, 30 November 2018 04:45 WIB

UNIK

Ini Penyebab Kecelakaan Lamborghini di Tol Solo-Sragen

E. Wardiyanto - jurnalpatrolinews
Ini Penyebab Kecelakaan Lamborghini di Tol Solo-Sragen Foto : Lamborghini Aventador

JURNALPATROLINEWS - Pada hari Minggu lalu (25/11), telah terjadi kecelakaan tunggal Lamborghini Aventador di jalur Tol Solo-Sragen. Ternyata, penyebab kejadiaan nahas tersebut bukanlah kesalahan dari mobil sport asal Italia itu.

Menurut Jusri Pulubuhu, Instruktur Jakarta Defensive Driving Consulting, pengemudi dipastikan hilang kendali karena salah menyikapi saat berkendara di lintasan basah.

“Nah, ini bukan artinya Lamborghini tidak aman. Dalam kondisi hujan atau permukaan jalan basah, maka yang terjadi adalah cengkeraman ban mengalami penurunan atau defisiensi,” ungkap Jusri.

Jusri berpendapat ada beberapa hal kemungkinan terjadi kecelakaan saat hujan, yaitu jika terdapat genangan air maka permukaan ban mengalami hydroplaning. Terlebih bila kecepatan kendaraan dipacu dengan cukup tinggi.

“Hydroplaning akan bertambah kuat bila mobil itu ber-ground clearance rendah. Nah Lamborghini sudah rendah, permukaan ban lebar dan kecepatan tinggi, maka unsur-unsur itu membuat kendaraan mengalami hydroplaning, termasuk lingkungan yang basah tadi jelas ada,” jelasnya.

Jusri menyatakan, ban dengan telapak lebar ditambah ground clearance pendek, maka saat melintasi jalan basah akan lebih mudah terjadi empasan.

“Di mana empasan air dapat diserap dengan alur ban atau telapak ban. Tetapi kalau telapak ban ini terlalu lebar, maka daya serap air walau ada grip-nya kadang-kadang tidak bisa memecah air,” jelasnya.

Kemungkinan lainnya adalah, jika saat hilang kendali pengemudi kerap salah menyikapi saat slip, yaitu melakukan pengereman.

Ia pun menjelaskan bahwa perilaku mengerem pada saat kondisi kendaraan tidak dalam kendali justru akan memperparah masalah tersebut.


KOMENTAR
Kontak Informasi
Redaksi : ekawdy77ads@gmail.com
Media Partner : ekawdy77ads@gmail.com
Iklan : jurnalpatroli2016@gmail.com, WA 081318185028