Selasa, 19 Maret 2019 20:56 WIB

MOTOR

Jokowi Akan Lelang Motor Chopper dan Jaketnya

E. Wardiyanto - jurnalpatrolinews
Jokowi Akan Lelang Motor Chopper dan Jaketnya Foto : Motor chopper Jokowi yang akan dilelang

JURNALPATROLINEWS – Joko Widodo dikabarkan akan melelang motor chopper-nya. Selain motor, jaket yang biasa dipakai Jokowi bersepeda motor, gitar, dan lukisan bergambar dirinya dikabarkan juga akan dilelang. Hasilnya akan digunakan untuk kepentingan kampanye pemilihan presiden.

Sedianya lelang chopper Jokowi itu akan dilakukan dalam acara funraising atau penggalangan dana di Hotel Shangri-La Surabaya, Jawa Timur, pada Senin malam, 18 Maret 2019. Namun karena Jokowi batal hadir, lelang dikabarkan ditunda. Acara hanya dihadiri oleh Ketua Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf, Erick Tohir.

Pengamatan JPNEWS di Hotel Shangri-La, dua motor chopper Jokowi sudah ada di lokasi. Satu chopper warna hitam dipajang di depan pintu masuk ruang acara, satu chopper lainnya berwarna keemasan ditaruh di atas panggung. Chopper keemasan itu adalah yang biasa Jokowi tunggangi saat tampil di publik.

Chopper yang dipajang di luar ruangan ialah Chopperland tipe RE 350 CC Black. Dijelaskan dalam keterangan tertulis, spesifikasi motor itu buatan anak bangsa, dari rangka, jok, setang, knalpot, electrical box, dan sissy bar.

Mesin yang digendong yakni berkapasitas 346cc dengan silinder tunggal. Motor tersebut bertenaga 19,8 daya kuda pada 5.250 rpm dan torsi maksimal 28 nm pada 4.000 rpm.

Ketua TKN Jokowi-Ma'ruf, Erick Tohir, mengatakan bahwa lelang tersebut bagian dari penggalangan dana. Funraising di Surabaya adalah yang kedua setelah Jakarta. Lelang motor dan beberapa benda milik Jokowi itu dalam proses. "Prosesnya masih jalan dan saya tidak mau riya makanya angka-angkanya tidak disebutkan," katanya.

Erick membantah isu penggalangan dana dan lelang chopper itu karena Jokowi dan tim kehabisan amunisi running pilpres. "Kalau memang kita kehabisan amunisi buktinya kita jalan terus dan bagus acara-acaranya. Kalau ada pihak-pihak yang mungkin (isukan kehabisan amunisi), ya, itu biasa, kan," katanya.

Ketua TKD Jatim, Irjen Pol Machfud Arifin, mengatakan bahwa lelang chopper Jokowi batal dilaksanakan di Surabaya. Kemungkinan lelang akan digelar di tempat lain.

"Pak Jokowi batal hadir karena kesibukan, jadi lelangnya malam ini batal, mungkin bisa dilakukan di tempat lain nantinya," ujarnya.


KOMENTAR