Kamis, 03 Oktober 2019 22:55 WIB

MOBIL

Mulai Dirakit di Indonesia, Harga Mobil Volkswagen Turun?

Beno - jurnalpatrolinews
Mulai Dirakit di Indonesia, Harga Mobil Volkswagen Turun? Foto : VW Tiguan Allspace (VW)

JurnalPatroliNews - Jakarta ,-- Telah memeriahkan pasar otomotif Tanah Air sejak tahun 1952, PT Garuda Mataram Motor menegaskan pihaknya memiliki keinginan untuk mengembangkan merek Volkswagen (VW) di Indonesia.

Salah satu upaya yang ditempuh ialah membangun fasilitas produksi di Cikampek, Jawa Barat melalui anak perusahaan Indomobil, PT. National Assemblers.

Telah digunakan untuk merakit Tiguan Allspace, perusahaan otomotif asal Jerman tersebut mengaku akan menyiapkan mobil terbaru untuk memeriahkan pasar otomotif Tanah Air.

"Kita juga siapkan mobil berikutnya di Indonesia. Model apa itu. Tunggu, nanti pasti akan kita umumkan," kata Chief Operating Officer PT Garuda Mataram Motor, Jonas Chendana.

Jonas juga menegaska perbedaan harga saat mobil telah dirakit di Indonesia cukup signifikan. Sebagai contoh Tiguan Allspace versi CBU dengan yang dijual saat ini berbeda Rp100 jutaan.

"Kita sebelum Volkswagen Tiguan Allspace launch itu new Tiguan. New Tiguan (yang diimpor) kita launch harganya Rp650 juta ke pasar waktu itu euro Rp 13-14 (ribu). Euro sekarang cenderung jadi Rp 700-an juta. Sekarang begitu dirakit di sini harganya Rp 598 juta, jadi yang diuntungkan konsumen," ujarnya.

Kapasitas Produksi

Selain itu, Andrew Nasuri, Presiden Direktur PT Garuda Mataram Motor menegaskan kualitas mobil yang diproduksi di Indonesia dipastikan sama dengan di negara asalnya, Jerman.

"Fasilitas produksi yang berdiri di tanah seluas 60.000 meter persegi diharapkan akan mampu memproduksi 6.000 unit Volkswagen setiap tahun, dengan fokus pertama pada Volkswagen Tiguan Allspace, sebuah mobil keluarga yang cocok untuk pasar Indonesia” tuturnya.

[liputan6]


KOMENTAR