Sabtu, 23 November 2019 21:12 WIB

Pembangunan Sirkuit Mandalika Dinilai Mengkhawatirkan

Ferdinand Mannopo - jurnalpatrolinews
Pembangunan Sirkuit Mandalika Dinilai Mengkhawatirkan Foto : Sirkuit Mandalika (Foto: Twitter MotoGP)

 

JurnalPatroliNews - LOMBOK - Indonesia telah resmi menjalin kerja sama dengan MotoGP dan akan menjadi salah satu tuan rumah dari ajang balap motor paling bergengsi dunia itu pada 2021. Adapun yang bakal digunakan Indonesia untuk menyelenggarakan balapan tersebut adalah Sirkuit Mandalika yang terletak di Lombok.

Untuk saat ini, pembangunan Sirkuit Mandalika sejatinya belum rampung seutuhnya. Kondisi tersebut tak ayal membuat sejumlah pihak khawatir kalau pembangunan bakal selesai tepat waktu. Terlebih lagi, Direktur tur MotoGP Australia, Michael Esdaile, menilai bahwa ada sengketa lahan dalam proses pembangunan sirkuit tersebut.

Esdaile berbicara seperti itu karena ketika ia meninjau langsung ke lokasi pembangunan Sirkuit Mandalika, terdapat beberapa petani yang tak ingin menyerahkan lahannya. Menurutnya, hal itu terjadi lantaran pihak Perusahaan Pengembangan Pariwisata Indonesia (ITDC) belum melakukan pembayaran kepada si pemilik untuk menggarap lahan tersebut.

“Anda tidak dapat mengatakan bahwa tidak ada yang terjadi sejauh ini. Penggalian situs sebagian besar selesai. Tapi 6.000 meter persegi di tengah lapangan masih dimiliki oleh seorang petani yang sedang duduk bersama beberapa petani lain dari daerah itu. Karena dia khawatir ITDC akan membiarkan buldoser mengoceh di tanahnya sebelum pemilik trek balap telah membayar tanahnya," ujar Esdaile, menyadur dari Speedweek, Sabtu (23/11/2019).

Kendati demikian, banyak pihak yang optimis kalau pembangunan akan selesai sesuai waktu yang telah direncanakan. Terlebih lagi, hari ini ITDC menghelat acara Pre-Launching Mandalika Grand Prix Association di Jakarta untuk menyambut datangnya MotoGP Indonesia 2021. Acara tersebut dihadiri langsung oleh Dorna Sports selaku organisasi penyelenggara balapan MotoGP.

CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta

“Dalam beberapa tahun terakhir saya juga melihat proyek-proyek lain di Indonesia. Di Sentul dekat Jakarta, lalu di Pelambang. Tetapi Lombok akan menjadi lokasi yang unik (untuk menyelenggarakan MotoGP),” sebut CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta.

[okz]


#-1
KOMENTAR
Kontak Informasi
Redaksi : ekawdy77ads@gmail.com
Media Partner : ekawdy77ads@gmail.com
Iklan : jurnalpatroli2016@gmail.com, WA 081318185028