Libur Nataru Hunian Hotel Meningkat, Yogyakarta Tertinggi Disusul Cirebon Jadi Sasaran Wisatawan

JurnalPatroliNews – Yogyakarta, – Momen liburan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru), menjadi berkah tersendiri bagi daerah wisata yang menjadi sasaran para wisatawan. Kondisi ini dirasakan oleh Yogyakarta, dimana Okupansi Hotel diluar prediksi dan mengalami kenaikan besar.

Sementara itu, Okupansi hotel di Kota Bandung hanya berkisar di angka 60-65%, padahal targetnya sekitar 80%. Diwilayah lain, Okupansi hotel di Cirebon justru tengah membaik yakni berada di kisaran 70%.

Herman Muchtar, Ketua Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Jawa Barat, mengungkapkan, salah satu faktor penyebab Okupansi Hotel menjadi naik adalah, karena akses dan jalan tol menuju Jawa Tengah seperti Semarang-Yogyakarta kini makin membaik.

“Bagusnya di wilayah Semarang-Yogyakarta, kenapa Cirebon ramai? Karena orang yang transit itu mau ke daerah Jawa,” ujarnya, Senin (26/12/22).

Herman membeberkan, faktor penyebab yang membuat hotel di Bandung tengah mengalami penurunan okupansi, diantaranya karena cuaca buruk belakangan ini. Akibatnya masyarakat wilayah luar seperti Sumatra yang biasa berlibur ke Bandung mengurungkan niatnya.

“Bandung karena orang Sumatra yang mau ke sini terpengaruh, kena yang mau nyebrang di Merak, berita-berita atau kejadian cuaca buruk memengaruhi orang yang mau nyebrang dari Bakauheni ke Merak jadi menunda,” bebernya.

Diketahui, pekan lalu, sejak Kamis sore hingga mamam, ombak besar dan hujan disertai angin kencang melanda pelabuhan di ujung barat Pulau Jawa itu. Penutupan dilakukan sejak Kamis sekitar pukul 19.00 WIB dan ditutup beberapa jam.

Komentar