Pulau Menjangan, Surga Bahari Nan Sakral

JurnalPatroliNews – Buleleng – Pulau Menjangan (Menjangan Island) terletak di wilayah Bali Barat yang berbatasan dengan Kabupaten Buleleng dan Jembrana, dan merupakan bagian dari Taman Nasional Bali Barat yang memiliki luas 190 kilometer persegi dan merupakan titik paling utara dari bagian barat Pulau Bali.

Pulau Menjangan berada sekitar 60 km dari Pantai Lovina atau lebih tepatnya berada di Desa Kalampok, Kecamatan Grokgak, Kabupaten Buleleng.

Nama Pulau Menjangan ini berasal dari nama hewan Menjangan, sejenis rusa yang banyak terdapat di pulau seluas 19.002,89 Ha ini. .

Pulau Menjangan (Menjangan Island) berada sekitar 60 km dari Pantai Lovina atau lebih tepatnya berada di Desa Kalampok, Kecamatan Grokgak, Kabupaten Buleleng. Foto: dok. KKP
Pulau Menjangan (Menjangan Island) berada sekitar 60 km dari Pantai Lovina atau lebih tepatnya berada di Desa Kalampok, Kecamatan Grokgak, Kabupaten Buleleng.

Pada waktu musim panas banyak terlihat rusa liar yang berenang ke pulau ini, namun karena kejahilan tangan-tangan manusia yang tidak bertanggung jawab; lama-kelamaan jumlahnya semakin berkurang, sehingga pemerintah setempat menjadikan pulau ini sebagai Taman Nasional Bali Barat untuk konservasi bagi rusa-rusa yang masih tersisa untuk melindungi habitat menjangan dari kepunahan. Maka dari itu untuk menjaga kelestarian alam serta keanekaragaman hayati Pulau Menjangan dan sekitarnya, para pengunjung hanya diperbolehkan untuk melakukan snorkeling atau diving dengan cara yang tidak merusak ekosistem yang ada..

Pulau Menjangan memiliki taman bawah laut beraneka ragam yang cantik dengan terumbu karang berwarna-warni, habitat ikan-ikan kecil yang lucu, hamparan pantai berpasir putih dan birunya air laut yang mengelilingi pulau tersebut. Keindahan bawah laut Pulau Menjangan memang sudah dikenal sejak lama. Kekayaan bawah laut dan keindahan terumbu karangnya yang tumbuh secara alami dengan aneka biota lautnya sudah mendapat pengakuan dunia. Dikelilingi oleh dinding terumbu karang sepanjang 10 km, Pulau Menjangan diakui sebagai lokasi selam dengan wall diving (tebing bawah laut) terbaik di Bali. Bahkan menurut News Discovery, Pulau Menjangan termasuk dalam 10 Tempat Penyelaman Terbaik di Dunia..

Terdapat beberapa tempat menyelam di Menjangan dengan kondisi dan visibilitas yang sangat baik. Beberapa spot tersebut diantaranya: Eel Gardens yang yang sering disebut sebagai spot ‘terbaik’ karena disini anda akan melihat beragam biota laut pada kedalaman 40 meter, lalu Secret Bay cocok untuk anda yang menyukai macro diving, dan yang terakhir Anchor Wreck dimana dilokasi diving ini anda akan melihat bangkai kapal yang tenggelam sejak abad ke-19 saat terjadi perang dunia II.

Pulau Menjangan (Menjangan Island) merupakan bagian dari Taman Nasional Bali Barat yang memiliki luas 190 kilometer persegi dan merupakan titik paling utara dari bagian barat Pulau Bali.

Pulau Menjangan (Menjangan Island) merupakan bagian dari Taman Nasional Bali Barat yang memiliki luas 190 kilometer persegi dan merupakan titik paling utara dari bagian barat Pulau Bali.
.
Di pulau ini juga terdapat setidaknya 9 pura dan pelinggih untuk beribadah umat Siwa -Budha. Salah satunya yang merupakan sebuah pura yang awalnya menjadi ciri perbatasan antara pulau Bali dan Pulau Jawa. Cerita ini berkaitan dengan babad perjalanan Dang Hyang Siddhimantra ke Bali. Alkisah, di pulau inilah sejatinya Dang Hyang Siddhimantra menorehkan tongkatnya untuk membelah pulau Jawa dan Bali, sampai torehan beliau ke Pantai Segara Rupek–sehingga terlahirlah Pulau Menjangan.

Untuk menghormati jasa beliau, dibangunlah sebuah pura yang bernama “Pura Segara Giri Dharma Kencana” yang berarti pura penting karena berada pada wilayah garis kebenaran (giri berarti bumi atau wilayah, dharma artinya kebenaran, dan kencana maksudnya garis)..

Apabila pengunjung baru tiba dan turun dari perahu kayu bermesin yang bersandar di dermaga. Mata anda sudah langsung di sungguhkan lautan biru yang luas dengan latar belakang daratan dan perbukitan pulau Bali di kejauhan, membentuk panorama yang indah mengagumkan. Tampak menonjol patung Dewa Ganesha tinggi menjulang yang juga menjadi ikon Pulau Menjangan.

Pura inilah yang bernama “Pura Segara Giri Dharma Kencana” dihiasi Patung Ganesha yang menghadap ke laut lepas yang dipercaya sebagai penjaga perairan Bali agar tetap aman dan asri. Itulah sebabnya Pulau menjangan termasuk tempat yang disakralkan.

Karena kawasan Pulau Menjangan merupakan kawasan yang disucikan oleh umat SIWA-BUDHA, karena disana ada pura-pura tua yang agung dan konservasi kawasan suci ini pun telah ditetapkan dalam pasal 50 Perda RTRW Provinsi Bali dan Pasal 71 Perda RTRW Kabupaten Buleleng.

Pulau Menjangan memiliki taman bawah laut beraneka ragam yang cantik dengan terumbu karang berwarna-warni, habitat ikan-ikan kecil yang lucu, hamparan pantai berpasir putih dan birunya air laut yang mengelilingi pulau tersebut.

Pulau Menjangan memiliki taman bawah laut beraneka ragam yang cantik dengan terumbu karang berwarna-warni, habitat ikan-ikan kecil yang lucu, hamparan pantai berpasir putih dan birunya air laut yang mengelilingi pulau tersebut.

Menurut penuturan salah satu Mangku Gede yang ngayah disana setidaknya ada 9 buah pura sebagai tujuan tempat persembahyangan, setelah diawali dengan matur piuning, di pelinggih pertama yang terletak beberapa meter dari dermaga, sebelum melanjutkan ke pura berikutnya yaitu: Pura Taman Beji, Pesraman Agung Kebo Iwa (Hyang Brahma Ireng), Pagoda Agung Dewi Kwan Im (Dewi Kemakmuran), Pendopo Ida Bhatara Lingsir Dalem Gajah Mada (Hyang Wisnu Murti), Pura Sang Hyang Siwa Pasupati, Pelinggih Ida Bhatara Lingsir Watu Renggong, Pelinggih Sang Hyang Ganesha, Pura Segara Giri Dharma Kencana Ratu kidul dan Pura Ratu Laksmi.

Sebagai tempat ibadah, pengunjung pura diharuskan berpakaian sopan. Pura ini dapat dikunjungi ketika tidak sedang dalam masa peribadatan umat SIWA-BUDHA. Selain mengunjungi Pura, pengunjung bisa juga mengunjungi beberapa pantai pasir putih yang ada di beberapa sisi Pulau Menjangan. Hamparan pasir putih dan jernihnya air laut menjadi pemandangan yang sangat menggoda. Aktivitas berfoto-foto tentu tidak akan terlupakan untuk dilakukan. Selain snorkelling dan diving, ada aktivitas lain yang bisa dilakukan pengunjung, yaitu beach walking dan mengunjungi pura. Pulau Menjangan juga dikenal sebagai surganya para pemancing karena memiliki spot terbaik untuk memancing.

Komentar