Tim JKW Terpesona Keindahan Wisata Kampung Tematik Mulyaharja

JurnalPatroliNews – Bogor,- Kedatangan Tim Jelajah Kebangsaan Wartawan (JKW) di Kota Bogor, dimanfaatkan untuk mengajak Tim JKW mengunjungi salah satu lokasi wisata di Kota Bogor yakni Kampung Tematik Mulyaharja, di Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor. Puluhan kendaraan roda dua dari PWI Pusat maupun PWI Kota Bogor serta dari Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor, mengiringi perjalanan Tim JKW ke Mulyaharja yang dilepas secara langsung oleh Wakil Walikota Dedie A Rachim dan Ketua PWI Kota Bogor Arihta Utama Surbakti di Balaikota, Selasa (29/3/2022).

Konvoi bersama dilakukan dari Balaikota menuju Kampung Tematik Mulyaharja dengan pengawalan dari pihak Satlantas Polresta Bogor Kota, Dishub dan Polmas Kota Bogor. Sepanjang perjalanan, Tim JKW disuguhkan keindahan panorama alam yang berada di bagian selatan Kota Hujan. Kedatangan Tim JKW di Kampung Tematik Mulyaharja disambut hangat oleh pihak Disparbud, Kominfo dan Muspika Bogor Selatan, Lurah Mulyaharja berikut Kompepar serta warga setempat.

Keindahan alam eksotis di Kampung Tematik Mulyaharja memberikan kesan tersendiri bagi Tim JKW yang sudah melewati 32 Provinsi diseluruh Indonesia dengan jarak tempuh melebihi 17.000 Kilometer ini. Dengan ruang terbuka hijau ditengah-tengah pesawahan, sangat memukau sehingga membuat betah seluruh peserta konvoi. Ditambah kedatangan Tim JKW disambut dengan lantunan lagu-lagu sunda yang membuat serasa berada di pedesaan. Tidak lupa, makanan tradisional serta minuman khas Mulyaharja seperti Wedang Jahe dan Bajigur, menjadi suguhan favorit sesampainya di bangunan pendopo yang berada di atas pesawahan. Tim JKW dan rombongan konvoi juga menikmati makanan nasi liwet yang dikenal memiliki cita rasa khas Sunda dari Kampung Tematik Mulyaharja.

Empat bikers Tim JKW pun memberikan kesan-kesan nya tentang eksotisme keindahan Kampung Tematik Mulyaharja. Menurut Aji Tunang Pratama, Kampung Tematik Mulyaharja merupakan tempat wisata bagus dan indah. Ia pun bersyukur atas sambutan dari PWI Kota Bogor yang sangat meriah dan antusias, termasuk dari pihak Pemkot Bogor yang diterima langsung oleh Wakil Walikota Dedie Rachim di Balaikota.

“Kami sangat bersyukur PWI Kota Bogor menerima Tim JKW dengan sangat meriah dan antusias. Apalagi kami diajak ke tempat wisata di Mulyaharja. Tempat wisatanya bagus, penerimaan disana warganya ramah ramah dan terpenting adalah makanan-makanan yang disajikan sangat enak. Jadi wajib bagi para wisataaan kalau ke Kota Bogor untuk mengunjungi ke Mulyaharja,” katanya.

Senada, motoris Tim JKW wanita, Yanni Krishnayanni menilai Kampung Tematik Mulyaharja memiliki views suasana maupun panorama alam yang sangat bagus. Jadi kalau di Jawa Timur itu ada lokasi wisata seperti di Mulyaharja ini, untuk pembelajaran anak sekolah. Jadi pada saat menanam padi, anak-anak sekolah dasar itu diajari dari mulai membajak sawah hingga penanaman, bahkan ketika panen juga diajarkan ke mereka.

“Tempat wisata di Kota Bogor ini sangat bagus, hanya saja jalur akses menuju ke lokasi wisata itu harus dibenahi. Akses jalan terlalu sempit dan pihak Pemkot Bogor harus mencari solusi alternatif untuk akses jalan itu. Karena kasian banyak pengunjung wisata dari luar Kota Bogor, kalau akses jalan nya masih seperti itu,” ungkapnya.

Kesan dan pesan juga dikatakan Sonny Wibisono, salah satu Tim JKW asal dari Kota Bogor ini. Sonny menyampaikan kekagumannya dengan keberadaan Kampung Tematik Mulyaharja. Sebuah tempat wisata dengan ruang terbuka hijau yang masih tersedia walaupun berada di Kota Bogor. Ini sebuah prospek bagus bagi Kota Bogor, ditengah hiruk pikuk dan bangunan tinggi, ternyata masih ada ruang

terbuka hijau seperti ini. Ia pun menyarankan agar lebih gencar dilakukan promosi-promosi, termasuk membenahi kekurangannya seperti soal akses jalan dan area parkir kendaraan.

Komentar