Unjuk Gigi Pengobatan Tradisional, Disbud Buleleng Gelar Pameran Usada

JurnalPatroliNews – Buleleng – Kekayaan warisan leluhur di bidang usada/pengobatan tradisional patut untuk dilestarikan sebagai bagian dari kebudayaan Buleleng. Sejalan dengan itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng melalu Dinas Kebudayaan (Disbud) menggelar Pameran Usada Bali, bertempat di Pelabuhan Tua Buleleng, Senin, (06/12) selama 3 hari.

Pameran Usada yang mengusung tema “Warisan Leluhur Dalam Racikan Ramuan Tradisional” itu menampilkan produk-produk usada/pengobatan tradisional dari masing masing kecamatan/desa di Kabupaten Buleleng.

Kepala Disbud Buleleng, Gede Dody Sukma Oktiva Askara, S.Sos, M.Si mengaku bangga dan bersyukur, pihaknya dapat menyelenggarakan pameran usada perdana di Kabupaten Buleleng ini. Sebab menurutnya momentum ini dapat dijadikan sebagai ajang edukasi kepada masyarakat Buleleng.

“Ini tentu bagus ya, karena kita bisa memberikan pengetahuan dan edukasi terkait warisan leluhur kita dalam hal pengobatan tradisional,” ujar Kadis yang pernah menjabat sebagai Camat Buleleng itu.

Melalui pameran ini, dirinya juga memamerkan 5 Lontar obat tradisional yang merupakan warisan leluhur secara turun temurun yang dapat pengunjung baca sebagai media edukasi dan kilas balik akan betapa pintarnya leluhur terdahulu dalam meracik obat-obatan.

Komentar