Inovasi Sistem PPDB Online, Diskominfo Tangsel Buka Akses Pendaftaran Lebih Efisien

JurnalPatroliNews – Tangsel – Proses pendaftaran sekolah yang lebih mudah dan terjangkau kini menjadi kenyataan bagi warga Tangerang Selatan. Dengan pengenalan sistem Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online, Kota Tangerang Selatan telah mengubah paradigma tradisional pendaftaran sekolah menjadi lebih efisien dan transparan.

Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Tangsel telah melakukan berbagai persiapan dan dukungan untuk mewujudkan harapan masyarakat sebagai orang tua, siswa, guru maupun pemerintah Kota Tangerang Selatan pada umumnya.

Kepala Dinas Kominfo Tangsel, Tb. Asep Nurdin mengatakan, sistem PPDB online ini tidak hanya memudahkan proses pendaftaran, tetapi juga meningkatkan aksesibilitas bagi masyarakat.

“Penerapan sistem PPDB online merupakan langkah penting dalam upaya meningkatkan aksesibilitas pendidikan bagi seluruh warga Tangerang Selatan,” ujar Tb. Asep saat ditemui di ruang kerjanya, pada Kamis (05/06/2024).

Diskominfo Tangsel telah mewujudkan aksesibilitas pendidikan ini dengan menyiapkan infrastruktur server, pengembangan aplikasi PPDB berbasis website, keamanan informasi aplikasi dan data, diseminasi informasi terkait PPDB hingga pengawasan bersama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Tangsel agar pelaksanaan PPDB berjalan dengan lancar.

Dengan adanya PPDB berbasis website yang dikembangkan oleh Diskominfo Tangsel ini, berbagai manfaat bisa didapatkan oleh para orang tua, siswa dan pihak sekolah.
Hanya dengan menggunakan perangkat yang terhubung ke internet, seperti ponsel pintar atau komputer, maka mereka bisa mendapatkan informasi terkini tentang perkembangan proses seleksi, kuota penerimaan, persyaratan pendaftaran, prosedur serta hasil seleksinya dengan lebih mudah dan cepat secara transparan.

Hal ini tidak hanya mengurangi kebingungan dan kecemasan yang sering terjadi selama proses PPDB, tetapi juga menghilangkan antrian panjang dan proses adminisitrasi yang memakan waktu, serta meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap keadilan sistem.

“Sejak peluncurannya, kita terus mengembangkan sistemnya supaya bisa lebih efektif lagi, lebih efisien, semakin akurat datanya, dan semakin mudah diakses bagi orangtua, pihak sekolah dan siswa tentunya,” ucap dia.

Sistem PPDB online di Kota Tangerang Selatan tidak hanya sekadar mengubah cara pendaftaran sekolah, tetapi juga mewakili komitmen pemerintah kota untuk memajukan pendidikan di wilayah tersebut.

Menurut Tb. Asep, penggunaan teknologi dalam bidang pendidikan terbukti memberikan manfaat yang besar dalam meningkatkan efisiensi dan keterbukaan.

“Kami berharap dengan adanya sistem ini, proses pendaftaran sekolah akan menjadi lebih mudah dan setiap anak mendapatkan kesempatan yang sama untuk mendapatkan pendidikan berkualitas,” kata dia.

Dengan terus memperbaiki dan memperluas sistem PPDB online, Diskominfo Tangerang Selatan masih akan terus berinovasi dalam proses pendidikan yang lebih baik dan inklusif.

Komentar