Wali Kota Manado Komitmen Tingkatkan Kualitas Guru, Pemkot Manado Tata Anggaran Peningkatan Kompetensi

JurnalPatroliNews – Manado – Wali Kota Manado, Andrei Angouw menegaskan bahwa pihaknya berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas tenaga pendidikan.

Sebab dikatakannya, terutama untuk pendidikan dasar atau SD akan sangat menentukan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) ke depan.

Hal ini dikatakan Wali Kota Andrei saat menghadiri Bimtek Pengembangan Kompetensi PTK (Penelitian Tindakan Kelas,red) dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Kota Manado yang dilaksanakan di Kampus Balai Penjamin Mutu Pendidikan (BPMP) Sulut, Pineleng, Kamis (11/8/2022).

“Pemerintah Kota Manado berkomitmen agar kualitas para guru terus meningkat. Seiring dengan maksud tersebut, kami mengapresiasi BPMP yang ikut terlibat aktif dalam peningkatan pendidikan, khususnya di Kota Manado,” ungkap Andrei Angouw.

Wali Kota berharap agar peningkatan kualitas para guru nantinya juga akan dibarengi dengan peningkatan kualitas anak didik di Kota Manado.

Untuk itu, dirinya membuka kesempatan bagi para guru agar dapat meningkatkan kompetensi sebab anggaran sudah tertata dalam APBD Kota Manado.

“Silakan mencari informasinya dan memanfaatkan dana ini sesuai dengan kepentingan pendidikan di Kota Manado,” pungkas Wali Kota Andrei.

Lepas dari itu, menurutnya sudah seharusnya para guru terus memotivasi diri meningkatkan kualitas dan kompetensi sehingga tidak ketinggalan dalam menghadapi perkembangan dunia yang sangat cepat, khususnya dibidang teknologi informasi dan komunikasi.

“Kita semua harus bisa beradaptasi dan mengikuti perkembangan ini,” kata Wali Kota.

Sementara satu hal yang penting ditekankan Wali Kota adalah hendaknya para guru agar dalam tugasnya membimbing dan mendorong siswa sesuai dengan keinginan siswa, bukan keinginan dari Guru itu sendiri.

“Biarkan anak didik kita menjadi ahli dibidangnya masing-masing,” tambah Wali Kota.

Selain itu, satu hal yang tak lupa diingatkan adalah berkaitan tentang nilai-nilai berbangsa dalam negara Pancasila, serta nilai Demokrasi dalam kerangka pendidikan di sekolah.

Demikian halnya terkait Etos Kerja ikut disinggung Wali Kota yang menurutnya, harus dibarengi nilai-nilai kejujuran dalam pelaksanaan Pendidikan di Kota Manado.

“Saya berharap pelaksanaan kegiatan seperti ini harus selalu dilakukan kontinu supaya ada peningkatan kompetensi,” kata Wali Kota yang selanjutnya membuka kegiatan secara resmi.

Dalam kesempatan tersebut, Wali Kota juga mendukung Implementasi Kurikulum Merdeka, sebagaimana terlihat dalam tayangan video yang diputar saat kegiatan.

Sebelumnya, Fasilitator Kepala BPMP Sulut, Febry Dien ST, M Inf Tech (Man) menjelaskan pentingnya kegiatan-kegiatan seperti ini.

“Pastinya kami siap berkontribusi terhadap pelaksanaan pendidikan di Kota Manado,” katanya.

Hadir dalam kegiatan ini Kadis Pendidikan Kota Manado, Dr Deysie Lumowa M Pd, Sekretaris Dinas, Kabid dan pejabat lainnya, para fasilitator, unsur BPMP sebagai pendamping, serta peserta yang terdiri dari Guru-guru TK/PAUD, SD, dan SMP.

Kegiatan ini diikuti 173 SD dan 43 TK/PUD se-Kota Manado, serta 951 guru dan kepala sekolah se-Kota Manado.

Sementara di akhir acara, Wali Kota Manado menerima cendera mata dari Kepala BPMP Sulut.

(***/jenly)

Komentar