Fenomena Bulan Purnama, BMKG: Masyarakat Di 17 Wilayah Pesisir Waspada Air Laut Naik!

JurnalPatroliNews – Jakarta, – Eko Prasetyo, Kepala Pusat Meteorologi Maritim, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), merilis potensi banjir pesisir (rob) di sejumlah daerah di tanah air. Hal itu disampaikan Eko dalam siaran Pers, dikutip Senin (2/1/23).

“Adanya fenomena Bulan Purnama (Full Moon) pada tanggal 06 Januari 2023, berpotensi meningkatkan ketinggian pasang air laut maksimum. Berdasarkan pantauan data water level dan prediksi pasang surut, banjir pesisir (rob), berpotensi terjadi di beberapa wilayah pesisir Indonesia,” kata Eko.

Berikut adalah wilayah pesisir di Indonesia yang berpotensi mengalami rob:
-Pesisir Sumatera Barat
-Pesisir Bengkulu
-Pesisir Kepulauan Riau
-Pesisir Banten
-Pesisir utara DKI Jakarta
-Pesisir Jawa Barat
-Pesisir Jawa Tengah
-Pesisir Jawa Timur
-Pesisir Nusa Tenggara Barat
-Pesisir Nusa Tenggara Timur
-Pesisir Kalimantan Barat
-Pesisir Kalimantan Tengah
-Pesisir Sulawesi Utara
-Pesisir Sulawesi Selatan
-Pesisir Maluku Utara
-Pesisir Maluku
-Pesisir Papua Selatan.

Eko menjelaskan, potensi banjir pesisir (rob) ini, berbeda waktu (hari dan jam) di tiap wilayah (terlampir), yang secara umum berdampak pada aktivitas Masyarakat di sekitar Pelabuhan dan Pesisir, seperti aktivitas bongkar muat di Pelabuhan, aktivitas di pemukiman Pesisir, serta aktivitas tambak garam dan perikanan darat.

“Masyarakat diimbau untuk selalu waspada dan siaga, untuk mengantisipasi dampak dari Pasang Maksimum Air Laut, serta memperhatikan update informasi cuaca maritim dari BMKG,” jelasnya.

Komentar