Anies Baswedan Disebut Lebih Unggul Jika ‘Duel’ Dengan Prabowo Subianto atau Ganjar Pranowo

JurnalPatroliNews – Jakarta – Hasil survei CSIS Indonesia menyebut elektabilitas Anies Baswedan lebih unggul jika berhadapan head to head dengan Prabowo Subianto atau Ganjar Pranowo.

Dengan demikian, jika salah satu dari Prabowo atau Ganjar gagal maju Pemilihan Presiden (Pilpres), Anies disebut bakal sangat diuntungkan atau ketiban “durian runtuh”.

Gubernur DKI Jakarta itu mengantongi 46,8 persen saat duel dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang dapat 43,9 persen suara.

Sementara ketika diduelkan dengan Prabowo Subianto, Anies mendapatkan suara 48,6 persen sementara Ketua Umum (Ketum) Partai Gerindra tersebut hanya mengantongi 42,8 persen.

Menang duel head to head, analis sosial politik Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Ubaidillah Badrun atau Ubed menyebut bahwa Anies dapat berkah dari pendukung dua kandidat kuat lainnya.

“Potensi Anies untuk unggul tinggi, karena prestasi Anies dibandingkan Ganjar jauh lebih banyak, demikian juga dengan Prabowo,” ujar Ubed dalam perbincangan di Kanal YouTube Inilahcom.

Menurut Ubed, survei head to head membuat pemilih Prabowo maupun Ganjar beralih ke Anies ketika jagoannya tak ikut kontestasi.

“Anies selalu unggul kalau dia head to head dengan Prabowo, sebenarnya rasional sih pemilih 2024 itu 52 persen anak muda, jadi kalau dihadapkan Prabowo yang usia sudah lanjut, anak muda memilih Anies dong,” kata Ubaidillah Badrun.

 “Kemudian pemilih Ganjar juga antara milih Prabowo dengan milih Anies akan cenderung milih Anies,” imbuhnya.

Sementara kemenangan Anies ketika lawan Ganjar memungkinkan karena pendukung Prabowo akan lebih memilih Anies ketimbang Ganjar.

“Jadi Anies mendapakan semacam berkah limpahan elektabilitas dari kandidat lain yang gugur kalau akhirnya head to head,” ujarnya.

Hasil Survei CSIS

Ketua Departemen Politik dan Perubahan Sosial CSIS, Arya Fernandes menjelaskan, alasan pihaknya melakukan head to head terhadap tiga nama tersebut karena sejauh ini dari tiga nama teratas, tidak ada yang menyentuh angka 50 persen elektabilitasnya.

Pertama head to head antara Anies Baswedan melawan Ganjar Pranowo, hasilnya Anies unggul tipis dari Ganjar.

Komentar