Besok! Gubernur Anies Akan Mengakhiri Masa Jabatannya! Memiliki Janji Kampanye Program Oke Oce hingga JIS

JurnalPatroliNews – Jakarta – Nama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memang kerap mencuri perhatian publik belakangan ini. Setelah dideklarasikan oleh Partai NasDem sebagai calon presiden pada 3 Oktober 2022 lalu, Anies akan mengakhiri jabatannya sebagai gubernur pada Ahad, 16 Oktober 2022 mendatang.

Sebelumnya, Anies Baswedan dilantik oleh Presiden Joko Widodo pada 16 Oktober 2017 bersama Sandiaga Uno sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta. Namun, pada Selasa, 22 Desember 2020, Sandiaga ditunjuk menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sehingga posisi wakil gubernur digantikan Riza Patria.

Artinya, Sandiaga menjabat sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta selama sekitar tiga tahun, tetapi pasangan awalnya, Anies Baswedan, genap memimpin Jakarta selama lima tahun. Lantas, selama lima tahun menjabat, bagaimana nasib-nasib sejumlah janji Anies sewaktu kampanye dan saat ini?

Nasib Janji Kampanye Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

Rumah DP Nol Rupiah

Pada masa Pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2017, program Rumah DP Nol Rupiah merupakan salah satu terobosan unggulan dari pasangan Anies-Sandiaga.

Dikutip dari Antara, pada 10 September 2022 lalu, Anies mengklaim bahwa permintaan dan keterisian Rumah DP Nol Rupiah mengungguli apartemen.

 “Bahkan angka keterisian huniannya sudah 95 persen dan ini lebih tinggi dari apartemen yang baru 70 persen. Artinya, kita memiliki demand (permintaan) yang tinggi,” kata Anies dalam keterangan tertulisnya.

Namun, belakangan melalui Peraturan Gubernur 25 Tahun 2022, Anies diketahui mengurangi target pembangunan proyek Rumah DP Nol Rupiah yang sebelumnya 232.214 unit menjadi 9.081 unit saja.

Peraturan tersebut berbunyi, “Pemerintah mendorong para pelaku pembangunan untuk menyediakan hunian terjangkau dari segi harga jual bagi masyarakat berpenghasilan rendah dengan potensi penyediaan hunian sebanyak 9.081 unit yang dibangun oleh BUMD dan swasta/BUMN.”

Program Oke Oce

Selain Rumah DP Nol Rupiah, Program Oke Oce juga menjadi andalan pasangan Anies-Sandiaga pada 2017 silam. Dikutip rekan media mencatat bahwa kala itu Anies menjanjikan akan mencetak 200 ribu wirausaha melalui Program Oke Oce.

Komentar