Di Tengah Isu Duet Prabowo Dan Ganjar, Jokowi-Mega Gelar Pertemuan 3 Jam, Ini Kata Pakar

JurnalPatroliNews – Jakarta – Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri menggelar pertemuan selama 3 jam dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Jakarta. Kedua tokoh ini bertemu di tengah mencuatnya isu duet Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo.

Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia (PPI) Adi Prayitno menerka pembicaraan dalam pertemuan Jokowi dan Megawati ini. Menurut Adi, pembicaraan soal konfigurasi politik di Pemilu 2024 sudah pasti dibahas.

“Kalau kita melihat panggung depan tentu bicara tentang politik kebangsaan ya. Kan itu yang nampak dalam panggung depannya. Termasuk tentu sangat mungkin bicara tentang bagaimana Pemilu 2024, ya, karena PDIP secara tegas menyatakan bahwa mestinya sudah tidak ada lagi isu-isu mengenai penundaan pemilu dan perpanjangan masa jabatan presiden. Clear itu ya. Tapi kan di panggung belakang menjadi sesuatu yang prediktif di mana tidak semua orang paham apa yang dibicarakan,” kata Adi mengawali analisisnya, Minggu (19/3/2023).

Adi menilai Jokowi dan Megawati membicarakan soal kecenderungan politik dari Jokowi. Pasalnya, selama ini Jokowi kerap dikaitkan dengan endorsement ke sosok potensial capres seperti Ganjar, Prabowo, Airlangga Hartarto, Sandiaga Uno, Erick Thohir.

“Satu-satunya yang bisa diprediksi di panggung depannya itu ya sangat mungkin. Misalnya, kedua tokoh ini bicara tentang bagaimana konfigurasi politik 2024 terutama, misalnya, kecenderungan politik Jokowi yang selama ini misalnya, selalu dikaitkan dengan endorsement ke Ganjar, Prabowo, kadang ke yang lain seperti Airlangga, Sandiaga, Erick Thohir, dan seterusnya,” ujarnya.

Komentar