Favorit Wong Cilik, Survei PWS Jagokan Prabowo Subianto Capres 2024

JurnalPatroliNews – Jakarta, – Rakyat kecil alias wong cilik bakal memilih Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dalam Pilpres 2024 berdasarkan hasil survei Political Weather Station (PWS) periode 4-11 November 2022.

Dari kelompok petani misalnya, Prabowo unggul dengan raihan 56,2%. Sementara itu, sebanyak 38,3% responden bakal memilih kandidat lainnya dan 5,4% menjawab tidak tahu. “Pengalaman sebagai Ketua Umum HKTI (Himpunan Kerukunan Tani Indonesia) ternyata membuat nama Prabowo sudah terlanjur lekat di hati kaum tani,” kata peneliti senior PWS Sharazani dalam paparannya, Selasa (15/11/2022).

Kemudian, dari kalangan pengangguran, di mana 54,8% memilih Prabowo jika pilpres dilaksanakan hari ini. Selanjutnya, 40,5% responden akan memilih calon presiden (capres) lainnya dan yang tidak menjawab 4,7%.
Menurut Sharazani, masyarakat yang masih menganggur cenderung memilih Menteri Pertahanan (Menhan), karena berharap dapat menciptakan lapangan kerja lebih banyak.

Sebanyak 51,3% buruh juga bakal memilih Prabowo. Sedangkan 44,3% akan mencoblos nama-nama lain dan 4,4% tidak menjawab. “Prabowo Subianto rupanya juga menjadi harapan kaum buruh untuk mengangkat kesejahteraan mereka jika Ketua Umum Partai Gerindra itu terpilih jadi Presiden RI,” tuturnya.

Sharazani menuturkan, wong cilik cenderung menjagokan Prabowo karena faktor ekonomi menjadi alasan menginginkan calon pemimpin yang dapat membawa mereka keluar dari himpitan hidup saat ini.
“Prabowo mereka persepsikan sebagai capres yang memiliki kemampuan membuat ekonomi rakyat menjadi lebih baik,” paparnya.

Sebanyak 62,5% responden yakin Prabowo mampu membuat kondisi ekonomi Indonesia lebih baik daripada sekarang. Keyakinan tersebut menurun terhadap calon-calon lain. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo misalnya, hanya meraih 51,2%, sedangkan eks Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, 50,9%.

Komentar