Ketua DPRD Buleleng Berharap Para Petani Maksimalkan Produksi Pertanian

JurnalPatroliNews – Buleleng – Ketua DPRD Kabupaten Buleleng Gede Supriatna, SH yang didampingi oleh Anggota DPRD Fraksi PDI Perjuangan I Dewa Gede Sugiharto hadir dalam kegiatan “Sosialisasi Pemanfaatan Teknologi Alat dan Mesin Pertanian Untuk Meningkatkan Produktivitas Pertanian” yang digelar dalam Paruman Subak Uma Panji, Desa Baktiseraga, Kecamatan Buleleng, pada hari Kamis (01/12).

Dalam sambutannya, Gede Supriatna menyampaikan, bahwa seiring dengan perkembangan teknologi, khususnya di bidang pertanian yang secara tidak langsung menuntut para petani harus mulai beradaptasi dengan mulai menggunakan alat dan mesin pertanian (alsintan). Dirinya juga menyampaikan hal tersebut tentu dapat mendorong produktivitas dan efisiensi dalam bertani sehingga memperileh hasil yang maksimal.

Terkait hal tersebut, Ketua DPRD Kabupaten Buleleng ini menyampaikan, bahwa tetap akan mengkoordinasikan dan memfasilitasi terkait program-program baik dari Dinas terkait maupun dari pusat, seperti yang selama Ini dilakukan di subak-subak lainnya agar dapat mengakses program-program tersebut sehingga para petani dapat memperoleh bantuan, baik berupa alat dan mesin pertanian, bibit, maupun subsidi pupuk.

Namun demikian, Supriatna tetap menghimbau kepada para petani anggota subak, terkait agar tetap pro aktif dalam mengajukan program-program.

Senada dengan Ketua DPRD Buleleng, Anggota DPRD Fraksi PDI Perjuangan Dewa Gede Sugiharto juga menyampaikan, betapa pentingnya alat dan mesin pertanian ini. Selain dapat meningkatkan hasil produksi menjadi lebih maksimal ini juga dapat menekan biaya produksi yang di harapkan dapat lebih meningkatkan pendapatan para petani sehingga kedepannya kehidupan para petani lebih sejahtera.

Anggota Dewan, Dewa Gede Sugiharto juga menekankan kepada para petani agar mulai beralih menggunakan pupuk organik, sehingga kesehatan tanah bisa terjaga dan hasil panen tetap maksimal. Terkait dengan pasca panen diharapkan kedepannya para anggota subak dapat membentuk suatu koperasi subak yang
Nantinya dapat berkoordinasi dengan dinas terkait agar dapat menyerap hasil panen sehingga harganya bisa tetap stabil.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Buleleng I Gede Putra Adnyana, S.Sos., MAP., Kepala Dinas Perdagangan, Perindustrian, dan Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Drs. Dewa Made Sudiarta, M.Si, Camat Buleleng I Nyoman Riang Pustaka, S.IP, Penyuluh Pertanian, Perwakilan Kelihan Adat Desa Baktiseraga, Kelihan Subak Uma Panji, serta anggota subak Uma Panji.

Komentar