KIB Deklarasikan Dukung Anies Baswedan di Pilpres 2024, Begini Penjelasannya

JurnalPatroliNews – Kabar KIB melakukan deklarasi mendukung Aniea Baswedan untuk Pemilihan Presiden 2024 ternyata bukan isapan jempol saja.

Walau demikian, KIB yang dimaksud bukanlah Koalisi Indonesia Bersatu yang dibentuk Partai Golkar, PPP dan PAN yang hingga saat ini belum mengumumkan calon presiden yang bakal mereka usung.

KIB yang dimaksud adalah para relawan yang merupakan kader dari tiga partai tersebut yang kemudian membentuk Sekretariat Bersama (Sekber) Kuning-Ijo-Biru atau disingkat ‘KIB‘ sebagai wadah untuk relawan yang mendukung mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai calon presiden pada pemilihan umum (Pemilu) 2024 mendatang.

Adalah Sahrin Hamid, Kader Partai Amanat Nasional (PAN) yang juga Ketua Umum Relawan Amanat Indonesia (Anies) mengatakan, sebagai kader berlambang matahari ingin menunjukkan keberpihakannya kepada Anies.

“Nah karena partai belum memutuskan, kami ingin muncul untuk menunjukkan keberpihakan bahwa kita sebagai bagian dari entitas PAN itu berpihak. Menunjukkan keberpihakan itu secara terbuka kepada Anies sebagai calon presiden,” kata Sahrin kepada wartawan di salah satu hotel di Jakarta Pusat, Rabu (1/2/2023).

Adapun ‘KIB’ bentukan para relawan tiga partai ini sebagai alat untuk mendesak partainya agar segera memutuskan mendukung Anies Baswedan.

“Kami ingin menyampaikan kepada partai, bahwa partai harus memutuskan apa yang menurut akar partai itu sebagai calon presiden,” ujarnya.

Menurutnya, akar rumput PAN itu mayoritasnya mendukung Anies Baswedan.

“Ini adalah bagian dari upaya untuk mendesak kepada PAN, agar segera memutuskan, PAN juga mengusung Anies sebagai calon presiden,” ujarnya.

Selain itu, ‘KIB’ juga dijadikan alat untuk mengajak konstituen PAN yang belum menentukan pilihan atau bingung untuk mengusung calon presiden.

“Mengajak konstituen PAN yang lain, yang selama ini bingung belum ada pilihan atau sudah ada pilihan tapi partainya belum memutuskan,” kata Sahrin.

Dikatakannya, para relawan ini sudah memiliki wadah yang namanya Amanat Indonesia (Anies) sebagai instrumen untuk memperjuangkan Anies.

“Sambil menunggu partai yang punya mekanisme tersendiri untuk memutuskan nanti,” sambungnya.

Sementara relawan Kuning-Ijo-Biru atau ‘KIB’ gabungan dari tiga kelompok relawan Anies, yaitu Kornas Go-Anies (Kuning), Kornas Forum Ka’bah Membangun (Ijo) dan Kornas Amanat Indonesia (Biru).

Tiga kelompok relawan itu dipimpin kader dari tiga partai Koalisi Indonesia Bersatu (KIB), yaitu Ketua Go-Anies, Sirajuddin Abdul Wahab dari kader Golkar, Ketua Forum Ka’bah Membangun, Habil Marati kader partai PPP, dan Ketua Umum Amanat Indonesia, Sahrin Hamid dari PAN.

Ketiganya pun telah mendeklarasikan dukungan kepada Anies Baswedan untuk maju sebagai calon presiden.

“Kami tiga simpul relawan Go-Anies, Forum Ka’bah Membangun, Amanat Indonesia (Anies) di seluruh Indonesia dengan ini menyatakan membentuk Sekretariat Bersama dengan nama Kuning-Ijo-Biru (Sekber KIB),” kata Sirajuddin Abdul Wahab membacakan deklarasinya.

Relawan Kuning-Ijo-Biru yang mereka bentuk dijadikan wadah untuk memenangkan Anies pada pemilihan umum 2024 mendatang.

“Sebagai wadah bersama, setara, dan solid untuk memperjuangkan dan memenangkan Anies Rasyid Baswedan sebagai Presiden Republik Indonesia,” kata Sirajuddin.

Komentar