Komitmen Perluas Program Hilirisasi, Gibran: Tak Hanya Sektor Tambang Saja!

JurnalPatroliNews – Jakarta, – Gibran Rakabuming Raka, Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 2, bakal melanjutkan program hilirisasi yang saat ini digencarkan oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Gibran mengungkapkan komitmen itu, dalam debat Cawapres 2024 yang digelar KPU, di JCC Hall Senayan, Jakarta, Minggu (21/1/24) malam. Menurut Gibran, program hilirisasi akan diperluas dan tak hanya sebatas pada komoditas tambang.

“Tidak hanya hilirisasi tambang tapi juga hilirisasi pertanian sektor maritim dan juga hilirisasi digital. Intinya kita tidak boleh lagi mengirim barang mentah,” ujar Gibran.

Sebelumnya, Gibran mengawali debat dengan mengatakan, Indonesia dianugerahi oleh sumber daya alam yang cukup besar. Mulai dari cadangan nikel hingga timah, yang cukup melimpah.

Oleh karena itu, Gibran melihat, program hilirisasi harus dilanjutkan dan diperluas cakupannya, serta tidak hanya pada sektor tambang saja.

Selain itu, untuk mengurangi ketergantungan pada energi fosil, pihaknya akan tegas mendorong penggunaan energi hijau apabila terpilih pada Pilpres 2024 ini. Misalnya seperti penggunaan bioavtur, biodiesel, dan bioetanol.

“Yang sudah dilakukan meliputi B35 dan B40. Potensi energi baru terbarukan kita juga luar biasa sekali, bisa mencakup 3.686 Giga Watt (GW) yang meliputi energi surya angin air bio energi dan juga panas bumi,” tegasnya.

Komentar