Siap Melantai Ke Bursa Saham, Ini Alasan Erick Di Balik Pentingnya IPO PHE

JurnalPatroliNews – Jakarta – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir membeberkan alasan di balik pentingnya PT Pertamina Hulu Energi (PHE), Subholding Upstream Pertamina, untuk melantai ke bursa saham melalui Initial Public Offering alias IPO.

Hal ini menurutnya perlu dilakukan supaya perusahaan mendapatkan sumber pendanaan untuk kegiatan pencarian cadangan minyak baru.

Menurut Erick, pencarian dana melalui IPO untuk kegiatan eksplorasi perlu dilakukan karena perusahaan migas pelat merah ini mempunyai keterbatasan pendanaan. Di sisi lain, impor minyak mentah dan Bahan Bakar Minyak (BBM) negara ini setiap tahunnya terus mengalami peningkatan.

“Artinya BBM kebutuhannya makin tinggi. Nah, artinya apa? Kalau Pertamina tidak bisa memaksimalkan produksinya karena kekurangan uang, ini kan momentum yang nanti tidak datang dua kali, apalagi sekarang teknologi sumur tua itu makin hari makin canggih, itulah kenapa kita dorong Pertamina itu untuk mencari dana,” ungkap Erick saat ditemui usai acara Economic Outlook 2023, dikutip Rabu (1/3/2023).

Ia pun berharap dengan adanya kegiatan pengeboran sumur eksplorasi maupun pengembangan dapat meningkatkan produksi migas Pertamina. Apalagi, lanjutnya, Pertamina juga pernah mempunyai cerita sukses di pengelolaan Blok Rokan, meski sempat kurang mulus di Blok Mahakam lantaran transisi pengelolaanya yang kurang begitu mulus.

“Nah kita harapkan sumur-sumur tua lain segera dieksplorasi apakah tadi yang Pertamina apakah yang dari private sektor, sekarang kan banyak juga yang menghasilkan minyak dari private sektor dan sudah go public juga, jadi jangan dibunyikan sebagai ini liberalisasi. Kalau liberalisasi apa yang private sektor boleh, kenapa kita ga boleh?” katanya.

Komentar