Waspada Serangan Siber, Kominfo-KPU Patroli Digital 24 Jam

JurnalPatroliNews – Jakarta,- Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate, menegaskan Kominfo mempunyai tugas untuk menjaga ruang digital agar tetap sehat.

Hal ini ia sampaikan usai melakukan audiensi dengan Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari. Audiensi itu membahas soal pencegahan serangan siber menjelang Pemilu 2024. Ia menegaskan Kominfo memiliki tim siber yang bekerja 24 jam dengan melakukan surveillance terhadap seluruh ruang digital.

“Terhadap serangan siber sudah ada koordinasi antara lintas kementerian dan lembaga untuk mempunyai team siber respons CSIRT itu quick response team ini yang akan merespon terhadap semua serangan siber,” katanya usai pertemuan di Kantor Kominfo, Rabu (6/7/2022).

Kominfo juga secara khusus berkomunikasi rutin dengan platform digital. Ia secara khusus meminta agar seluruh platform digital untuk terus menjaga sistemnya dan melengkapi sistemnya dengan teknologi security enkripsi yang baik, kuat dan tim yang merespon dengan cepat.

“Komunikasi ini terus kita bangun apabila ada pelanggaran-pelanggaran di dalam ruang digital itu bisa direspon dengan cepat, baik untuk menyetopnya maupun memblokirnya,” ujarnya.

Dalam pertemuan dengan KPU ia mengatakan bahwa tim Kominfo dan KPU sebetulnya sudah berkoordinasi dan sudah bekerja bersama sama namun pada pertemuan ini pimpinan lembaga baik Kominfo maupun KPU RI memberikan komitmen bersama untuk saling memberikan dukungan.

Kominfo memberikan dukungan terkait tugas pokok dan fungsi kominfo, di antaranya akses dan kesiapan infrastruktur hulu teknologi informasi dan komunikasi, akses dan ketersediaan infrastruktur hilir seperti pusat data teknologi informasi dan komunikasi. Sementara pada aspek hilir digital seperti misalnya membantu menjaga dan merawat aplikasi yg ada di KPU.

“Pemanfaatan untuk bersama-sama menjaga terhadap serangan-serangan siber, berkoordinasi lintas kementerian dan lembaga, juga untuk memberikan kapasitas yang cukup bagi kebutuhan pusat data dan pelaksanaan aplikasi-aplikasi sehingga bisa dilakukan secara efisien dan bermanfaat serta produktif.” pungkasnya.

Komentar