Waspada Serangan Siber, Kominfo-KPU Patroli Digital 24 Jam

KPU ke Kominfo

Komisi Pemilihan Umum (KPU) melakukan audiensi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Audiensi itu membahas soal pencegahan serangan siber menjelang Pemilu 2024.

“Hari ini, Ketua KPU RI dan komisioner KPU datang ketemu saya audiensi dalam rangka kerjasama koordinasi dan saling memberikan dukungan untuk penyelenggaraan pemilihan umum legislatif Pilpres dan Pilkada 2024,” ujar Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate, di Kantor Kominfo, Rabu (6/7/2022).

Secara teknis, lanjutnya, tim Kominfo dan KPU sebetulnya sudah berkoordinasi dan sudah bekerja bersama sama namun pada pertemuan ini pimpinan lembaga baik Kominfo maupun KPU RI memberikan komitmen bersama untuk saling memberikan dukungan.

Kominfo memberikan dukungan terkait tugas pokok dan fungsi kominfo, di antaranya akses dan kesiapan infrastruktur hulu teknologi informasi dan komunikasi, akses dan ketersediaan infrastruktur hilir seperti pusat data teknologi informasi dan komunikasi. Sementara pada aspek hilir digital seperti misalnya membantu menjaga dan merawat aplikasi yg ada di KPU.

“Pemanfaatan untuk bersama-sama menjaga terhadap serangan-serangan siber, berkoordinasi lintas kementerian dan lembaga, juga untuk memberikan kapasitas yang cukup bagi kebutuhan pusat data dan pelaksanaan aplikasi sehingga bisa dilakukan secara efisien dan bermanfaat serta produktif,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Komisi Pemilihan Umum Hasyim Asy’ari, mengatakan, KPU berharap pemerintah memberikan dukungan kepemiluan berkaitan infrastruktur jaringan maupun teknologi informasi. Sebab, penyelenggaraan pemilu ke depan, termasuk Pemilu maupun Pilkada 2024 akan berbasiskan teknologi informasi.

“Saya kira kita tahu semua bahwa Pemilu dan Pilkada adalah area konflik yang dianggap sah dan legal, tapi kalau kita hindari penggunaan kekerasan apakah itu kekerasan fisik apa itu kekerasan verbal yang paling penting,” ujar Hasyim.

Komentar