ASEAN Coast Guard Forum 2022 Hasilkan Deklarasi ASEAN CG

Adapun deklarasi ASEAN Coast Guard yang digagas Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia menetapkan empat poin penting komitmen ASEAN Coast Guard, yaitu, Kami, Pertemuan Kepala Penjaga Pantai ASEAN dan Badan Penegakan Hukum Maritim,pertama, Berkomitmen untuk menjunjung tinggi prinsip-prinsip ASEAN menguatkan persatuan, sentralitas, persahabatan, solidaritas, dan kerja sama ASEAN. Kedua, menegaskan kembali pentingnya meningkatkan rasa saling percaya dan percaya diri di antara kita sendiri, dipandu oleh semangat ASEAN. Ketiga, mengakui pentingnya membangun hubungan yang lebih kuat untuk menjaga dan meningkatkan perdamaian, keamanan, keselamatan, stabilitas, persahabatan, dan kemakmuran di kawasan. Keempat, sepakat untuk mewujudkan satu visi laut yang damai, aman, dan tenteram di ASEAN.

Deklarasi ini menjadi milestone penting bersatunya ASEAN Coast Guard dalam mewujudkan kawasan laut ASEAN yang damai dan aman bagi ASEAN khususnya dan dunia umumnya.

Mengakhiri sambutan penutup, Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia mengatakan “Mari kita satukan visi untuk kawasan maritim ASEAN yang damai dan aman”.

Komentar