Aspers Panglima TNI : Bintal Fungsi Komando Miliki Peran Strategis Dalam Membangun Mental Prajurit

Jurnalpatrolinews – Jakarta : Bintal Fungsi Komando memiliki peran yang sangat strategis dalam membangun mental Prajurit yang tangguh dan memiliki keimanan,  ketakwaannasionalis, militan dan sehat psikis. Dengan Kondisi Mental yang tangguh, seberat apapun tantangan tugas yang dihadapi prajurit TNI akan dapat dilaksanakan dengan baik.

Hal tersebut disampaikan Aspers Panglima TNI Marsda TNI Diyah Yudanardi saat membuka acara penyelenggara Bintal Fungsi Komando yang diikuti para Komandan di lingkungan Mabes TNI dan Angkatan se-wilayah Garnisun I/Jakarta, bertempat di GOR A. Yani Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (22/10/2020).

Aspers Panglima TNI menyampaikan bahwa pembinaan mental merupakan bagian internal dari pembinaan personel TNI dan keluarganya yang terdiri dari tiga unsur pokok yaitu fisik/Jasmani, intelektual dan mental.

Menurut Marsda TNI Diyah Yudanardi, mental merupakan motor penggerak dan pengendali segala tingkah laku personel TNI yang pembinaannya menjadi tanggung jawab pimpinan / Komando sebagai wujud Bintal Fungsi Komando. Penyelengaraan penyegaran Bintal Fungsi Komando ini bertujuan untuk menyampaikan persepsi dan pemahaman tentang Pembinaan Mental sebagai fungsi komando, karena seorang Komandan memiliki peran yang sangat penting dalam menyelenggaraan Bintal di satuan dan diharapkan dapat terlaksana secara optimal,” ujarnya.

Aspers Panglima TNI juga mengatakan bahwa melalui Penyelengaraan Bintal fungsi Komando ini diharapkan para komandan akan lebih optimal  dalam melaksanakan pembinaan mental personel TNI sebagai fungsi komando di satuan masing-masing, sehingga personel TNI memiliki semangat yang tangguh dalam mengabdi, berkarier dan berkarya dengan tetap berpedoman kepada Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Delapan Wajib TNI.

Diharapkan para Komandan dapat meminimalisir pelanggaran dan  mampu mengatasi permasalahan di satuan dengan baik dan benar. Selain itu, para Komandan diharapkan dapat bertukar pengalaman terhadap realitas permasalahan di lapangan yang memerlukan penyelesaian secara bersamasama,” ucapnya.

Diakhir sambutannya, Aspers Panglima TNI menucapkan terima  kasih yang sebesarbesarnya kepada Pangdam Jaya yang sudah berkenan meluangkan waktunya menjadi  nara sumber pada acara Penyelengaraan Bintal dan terima kasih kepada Kepala Pusat Pembinaan Mental (Kapusbintal)  TNI selaku Penyelengaraan kegiatan ini. Kepada para perserta, agar dapat mengikuti kegiatan ini dengan  sebaik baiknya, sehingga materi yang akan disampaikan menjadi bekal dan wawasan dalam membina personel TNI di satuan masing-masing,” harapnya.

 

Komentar