Bahas Kerja Sama Kepala Bakamla RI Terima Courtesy Call Delegasi Prancis

JurnalPatroliNews – Jakarta,- Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Irvansyah, S.H., M.Tr.Opsla., menerimakunjungan kehormatan dari Atase Pertahanan Prancis Colonel Sven Meic serta Wakil Athan Lieutenant Colonel Olivier Cam. Pertemuan berlangsung di Aula Ary Hasibuan Mabes Bakamla RI, Jakarta Pusat, Kamis (22/02/2024).

Pertemuan dimulai dengan perkenalan masing-masing jajaran, dilanjutkan dengan perbincangan mengenai kerja sama antara Bakamla RI dengan Prancis. Kepala Bakamla RI juga turut menyampaikan apresiasi atas dukungan dan kerja sama yang telah dilakukan selama ini.

Pada September lalu, Bakamla RI mendapat tawaran pelatihan navigasi, dan akan mengirimkan beberapa perwakilan personel untuk mengikuti pelatihan tersebut. Selain itu, Bakamla RI juga akan menghadiri Bilateral Maritime Dialogue (BMD ke-2) di Prancis bersama delegasi Kemenkomarves. Beberapa poin pembicaraan adalah penjajakan kerja sama antara Bakamla RI dengan France Coast Guard (France SGMer) dalam hal peningkatan kapasitas personel, dan inisiasi keterlibatan Coast Guard dalam Croix du Sud.

Untuk diketahui, Croix du Sud merupakan latihan multilateral dalam ranah Humanitarian Assistant and Disaster Relief (HARD). Selain itu, Athan Prancis juga menawarkan penempatan tenaga ahli keamanan maritim di Bakamla RI. Namun, Bakamla RI perlu berkonsultasi dengan Kementerian/Lembaga terkait mengenai hal ini.

Komentar