Bakamla RI Partisipasi Latihan Sea Lion SAR Avitex Turkish Coast Guard

JurnalPatroliNews – Jakarta,-  “Bakamla RI berperan sebagai observer pada Latihan Sea Lion SAR Avitex di Turki bersama 15 negara observer lainnya”. Demikian dikatakan Pranata Humas Ahli Madya Kolonel Bakamla Dr. Wisnu Pramandita, S.T., M.M., M.Tr. Hanla., di Jakarta, Senin (16/5/2022).

Latihan yang dilaksanakan pada 11 s.d 13 Mei 2022 itu diinisiasi oleh Turkish Coast Guard. Bakamla RI hadir mewakili Indonesia dalam latihan ini. Perwakilan Bakamla RI, Kepala Subdirektorat Rencana Latihan Kolonel Dudik Kiswoyo menyaksikan langsung bentuk latihan Sea Lion SAR Avitex melalui scenario simulasi secara realtime.

Bacaan Lainnya

Kehadiran Bakamla RI merupakan bentuk hasil kerja sama antara Bakamla RI dan Turkish Coast Guard dalam upaya peningkatan saling percaya dan kesepahaman.

Maksud dan tujuan dilaksanakan latihan Sea Lion SAR Avitex oleh Turkish Coast Guard  dihadapan 15 delegasi negara termasuk perwakilan dari Bakamla RI adalah untuk memvalidasi kesiapan respon terhadap insiden kecelakaan laut, mensinergikan operasi SAR terhadap insiden laut dengan instansi mitra terkait dan untuk mengindetifikasi dan mengatasi hal tersebut.

Acara diikuti dengan penuh antusias peserta yang hadir. Keseriusan Turkish Coast Guard dalam latihan ini tampak luar biasa dengan banyaknya unsur yang terlibat. Tampak unsur helikopter dari Turkish Air Force, Army dan Jandarma dilibatkan. Dan kemudian, terhitung ada 11 unsur kapal dari Turkish Coast Guard.

Pos terkait