Bersama Forkopimda, Pangdam XII/Tpr Ikuti Peringatan Detik-detik Proklamasi Secara Virtual

JurnalPatroliNews, Kalbar – Panglima Kodam XII/Tanjungpura, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad bersama Forkopimda Provinsi Kalimantan Barat mengikuti upacara peringatan detik – detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia. Acara peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI dilaksanakan secara virtual di Balai Petitih, Kantor Gubernur Provinsi Kalimantan Barat, Senin (17/8/20)

Peringatan detik – detik proklamasi kemerdekaan Repubkik Indonesia dipimpin oleh Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta Pusat. Bertindak selaku Komandan Upacara yakni Kolonel Inf Muhammad Imam Gogor Agnie Aditya yang saat ini menjabat sebagai Asops Paspampres. Sedangkan Perwira Upacara yaitu Brigjen TNI Syafruddin, S.E., M.M., M.Tr (Han) yang saat ini menjabat Kepala Staf Garnisun Tetap I Jakarta. Upacara diselenggarakan dengan tata cara berbeda dan terbatas serta mempedonani protokol kesehatan.

Presiden R.I, Ir. H. Joko Widodo selaku Inspektur Upacara dalam kesempatan tersebut mengenakan baju adat Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur, bernuansa merah putih dan mengenakan masker merah putih.

Upacara peringatan detik – detik proklamasi ditandai dengan bunyi suara sirine panjang di Istana Merdeka diikuti secara serentak di seluruh Indonesia. Masyarakat menghentikan aktifitas selama 3 menit. Sedangkan teks proklamasi dibacakan oleh Ketua MPR, Bambang Soesatyo, dilanjutkan mengheningkan cipta dan pembacaan doa yang dipimpin oleh Menteri Agama RI, Fachrul Razi.

Kemudian upacara dilanjutkan dengan pengibaran bendera Sang Saka Merah Putih. Berbeda dari tahun sebelumnya, Pasukan Pengibar Bendera Pusaka hanya terdiri dari 8 orang yang terbagi dalam dua kelompok. Masing-masing kelompok terdiri dari tiga orang yaitu seorang pembawa bendera Merah Putih dan dua orang pengerek bendera pusaka. Mereka bertugas pada saat penaikan dan penurunan bendera, sedangkan sisanya 2 orang sebagai cadangan.

Peringatan detik – detik proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia di halaman Istana Merdeka ini juga diikuti oleh ribuan peserta secara virtual dari seluruh Indonesia baik melalui live streaming, youtube Sekretariat Presiden, atau siaran langsung televisi.

(Y@)