Bersama Prajurit Marinir, Wakasal Kibarkan Bendera Merah Putih Bawah Laut

JurnalPatroliNews – Dispen Kormar. (Kepulauan Seribu). Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya (Laksdya) TNI Ahmadi Heri Purwono, S.E., M.M mewakili Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M,  bersama Prajurit Marinir melaksanakan Upacara Pengibaran  Bendera Merah Putih bawah Laut dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke 77 Kemerdekaan Republik Indonesia yang dipusatkan di Pulau Putri, Kepulauan Seribu. Rabu, (17/08/2022).

Upacara Pengibaran Bendera bawah laut dengan Inspektur Upacara Wakasal tersebut disaksikan langsung oleh Presiden Republik Indonesia Ir Joko Widodo secara virtual dari Istana Negara.

Diawali dengan prosesi penyerahan bendera merah putih dari Pasukan Pengawal Bendera kepada Pasukan Pengibar Bendera bawah laut dari Prajurit Batalyon Intai Amfibi Korps Marinir TNI AL dilanjutkan taklimat awal Pengibaran Bendera oleh Wakil Kepala Staf Angkatan Laut didampingi Komandan Korps Marinir (Dankormar) menandai secara serentak dimulainya  Pengibaran Bendera bawah laut di 77  lokasi yang tersebar di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Korps Marinir TNI AL ikut serta serentak mengibarkan Bendera Merah Putih dari bawah laut di 77 lokasi yang tersebar di seluruh Indonesia.  Sebanyak 888 penyelam dari Prajurit TNI AL, TNI & Polri, Pemerintah Daerah, organisasi masyarakat, klub selam, awak media dan masyarakat ikut berpatisipasi dalam pengibaran bendera bawah air ini.

Usai pelaksanaan Pengibaran Bendera Merah Putih bawah Laut, Wakil Kepala Staf Angkatan Laut didampingi Dankormar dan Aspotmar Kasal serta para pengibaran bendera dari Prajurit Marinir menerima Piagam rekor MURI dari Bapak Awan Rahargo selaku Senior Manager MURI yang disaksikan oleh Pejabat Utama Mabesal.

Sebelum prosesi pengibaran Bendera Merah Putih di bawah laut tersebut, pada hari Selasa 16 Agustus 2022 kemarin, telah dilaksanakan penyerahan Bendera Merah Putih dan Bendera Jalesveva Jayamahe oleh Kasal Laksamana TNI Yudo Margono,  S.E., M.M kepada Komandan Pasmar-1 Brigjen TNI (Mar) Dr. Hermanto, S.E.,M.M  selaku Ketua Panitia di Gedung Utama Mabes TNI AL, Cilangkap, Jakarta Timur.

Di depan awak media Wakasal mengatakan bahwa, kegiatan penaikan bendera di dasar laut ini dilaksanakan di seluruh jajaran TNI AL beserta seluruh komponen bangsa baik tingkat pusat maupun di daerah. “Ini menjadi komitmen dari awal untuk mengibarkan Bendera Merah Putih di dasar laut untuk mengisyaratkan bahwa TNI AL siap menjaga kedaulatan dan keamanan di seluruh wilayah laut Indonesia.

“Tentunya ini membangkitkan kembali kejayaan maritim untuk Indonesia,  Pulih  Lebih Cepat dan Bangkit Lebih Kuat,” pungkas Laksamana Madya (Laksdya) TNI Ahmadi Heri Purwono, S.E., M.M.

Komentar