Bersamaan Mutasi 328 Perwira TNI, Widi Prasetijono Jabat Danjen Kopassus

JurnalPatroliNews – Jakarta,- Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa resmi menunjuk Brigadir Jenderal (Brigjen) TNI Widi Prasetijono sebagai Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus (Kopassus) baru.

Keputusan tersebut tertuang dalam Surat Keputusan (SK) Panglima TNI Nomor 66/1/2022 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan TNI yang diteken Andika Perkasa pada Jumat (21/1/2022).

Widi Prasetijono sendiri akan menggantikan posisi Mayor Jenderal (Mayjen) Teguh Muji Angkasa yang sudah menjabat sebagai Danjen Kopassus sejak 9 Desember 2021 lalu menggantikan Mayjen TNI Mohamad Hasan.

Dalam salinan surat yang beredar, dikutip Minggu (22/1/2022), pergantian posisi di satuan Kopassus bersamaan dengan mutasi terhadap total 328 perwira TNI melalui SK yang sama, termasuk posisi Pangkostrad dan Wakasad.

Melalui keterangan tertulis Pusat Penerangan TNI, setidaknya ada 328 pati TNI yang dimutasi termasuk 10 perwira tinggi bintang 3 TNI.

Melalui SK tersebut, posisi Pangkostrad kini diisi oleh Mayjen Maruli Simanjuntak. Posisi tersebut sebelumnya ditinggal oleh Jenderal TNI Dudung Abdurachman lantaran naik jabatan menjadi Kepala Staf Angkatan Darat.

Adapun posisi Wakasad kini diduduki oleh Mayjen Agus Subiyanto, menggantikan posisi Letnan Jenderal Bakti Agus Fadjari yang diangkat menjadi Komandan Jenderal Akademi TNI.

Komentar