Bukan Kaleng-Kaleng! Brigjen TNI Iwan Setiawan Akan Pimpin Korps Baret Merah, Ini Profil Singkatnya!

JurnalPatroliNews – Jakarta – Pergantian Pimpinan di kalangan TNI adalah hal yang biasa, hal demikian sebagai rotasi dan penyegaran di tubuh Angkatan bersenjata milik Indonesia tersebut. Begitupun di tubuh Angkatan Darat (AD), Brigjen TNI Iwan Setiawan akan menjabat sebagai Danjen Kopassus menggantikan Mayjen TNI Widi Prasetijono.

Brigjen TNI Iwan Setiawan, lahir di Kota Bandung, lulusan Akademi Militer (AKMIL) tahun 1992. Ia diketahui lebih banyak menjabat di lingkungan Kopassus.

Pada laman resmi TNI AD yang dilihat JPN, Selasa (29/3/22), Pada tahun 1997, Kopassus mengadakan ekspedisi pendakian ke Gunung Everest Di Nepal yang memiliki ketinggian 8.848 mdpl. Diperlukan waktu persiapan yang lama dan dana yang cukup untuk mendaki gunung tertinggi di dunia ini.

Pada Ekspedisi itu, tim dibagi menjadi dua. Satu tim yang terdiri dari 10 orang, diberangkatkan melalui sisi Selatan, dan tim lainnya yang berjumlah 6 orang diberangkatkan dari sisi utara.

Sejumlah Anggota tim berguguran Saat pendakian itu dilakukan, sampai akhirnya, terpilih 3 orang yang tercepat untuk terus melanjutkan ke puncak Everest. Salah satunya, Brigjen TNI Iwan Setiawan (Kala itu berpangkat Letnan Kolonel) yang menjadi komandan tim.

Ironisnya, dua pendaki dari Kopassus gagal juga sampai ke titik puncak. Adalah Kapten Misirin hanya bisa sampai di 16 meter sebelum titik puncak, meski sudah berada di area puncak. Sedangkan Letkol Iwan Setiawan hanya bisa sampai di 30 meter sebelum titik puncak.

Brigjen TNI Iwan Setiawan, pernah menjabat sebagai Komandan Korem (Danrem) 052/Wijayakrama, Kodam Jaya, dan Danrem 173/PVB, Biak.

Diketahui, Brigjen TNI Iwan Setiawan, kini menjabat sebagai Danjen Kopassus menggantikan Mayjen TNI Widi Prasetijono.

Komentar