Dankoopssus TNI Kunjungi Markas Kopassus

  • Whatsapp

JurnalPatroliNews – Jakarta, 30 Agustus 2020. Komandan Komando Operasi Khusus TNI (Dankoopssus) TNI, Mayjen TNI Ricard T.H Tampubolon melakukan kunjungan kerja ke Markas Komando pasukan Khusus (Kopassus) di Cijantung, Jakarta Timur, Jumat (28/8/2020).

Dalam kunjungan ini dilaksanakan olahraga Bersama yang dihadiri oleh para Perwira Kopassus dan Koopssus TNI.

Bacaan Lainnya

Tiba di Mako Kopassus, Dankoopsus TNI dan rombongan disambut langsung oleh Danjen Kopassus Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa. Kunjungan Dankoopsus TNI ke Markas Kopassus tersebut bertujuan untuk silahturahmi sekaligus mensosialisasikan terbentuknya Koopssus TNI.

Mayjen TNI Ricard menjelaskan bahwa pembentukan Komando Operasi Khusus TNI berdasarkan Keppres No. 42 Tahun 2019 tentang perubahan kedua terhadap Perpres No. 10 Tahun 2010 tentang susunan organisasi TNI dan Peraturan Panglima TNI No. 19 tahun 2019 tentang Organisasi dan Tugas Komando Operasi Khusus TNI.

Dalam Keppres tersebut menyebutkan bahwa, Koopssus TNI merupakan Badan Pelaksana Pusat Markas Besar TNI yang berkedudukan di bawah Panglima TNI dan memiliki tugas menyelenggarakan operasi khusus terhadap sasaran strategis terpilih dan kegiatan untuk mendukung pelaksanaan operasi khusus yang membutuhkan kecepatan dan keberhasilan tinggi guna menyelamatkan kepentingn nasional di dalam maupun di luar wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dalam kesempatan tersebut, Dankoopsus TNI mengucapkan terima kasih kepada Danjen Kopassus yang telah mendukung Latihan Gultor TNI di Cilegon, dan mohon doa restu atas terbentuknya Koopassus TNI.

Dankoopssus juga menyampaikan bahwa Koopssus TNI memiliki satuan siaga dan siap digerakan sewaktu-waktu yang terdiri dari tiga matra Satuan Elite TNI yang memiliki kemampuan khusus baik itu Sat-81 Kopassus, Denjaka dan Sat-Bravo. Beliau juga berpesan Bahwa Koopssus merupakan satuan elite yang juga tempat para prajurit Khusus TNI untuk berkarir dan mengabdi kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita cintai ini.

Sementara itu, Danjen Kopassus manyambut baik kunjungan Dankoopsus TNI di Markas Kopassus. Danjen Kopassus menjelaskan bahwa Kopassus akan selalu mendukung tugas dari Koopssus TNI.

Danjen Kopassus dalam kesempatan tersebut mengenang ikhwal pembentukan Koopssus TNI. Pembentukan komando operasi lintas matra TNI yang menggabungkan kekuatan pasukan elite milik TNI AD, TNI AU dan TNI AL ini bermula dari karya tulisnya saat mengikuti Pendidikan Reguler XLI Sesko TNI pada 2014.

Lebih lanjut Danjen Kopassus mengatakan bahwa, karya tulisnya  saat Sesko TNI tahun 2014 tentang pembentukan komando operasi lintas matra TNImenjadi yang terbaik serta meraih penghargaan Piala Wira Karya Nugraha.

Pembentukan Koopssus sebagai pasukan yang melakukan  operasi  pertama dalam operasi-operasi gabungan, pendaratan, lintas udara, maupun operasi gabungan lainnya. Koopsus TNI merupakan pasukan penindak yang berada langsung dibawah Panglima TNI yang bisa langsung digerakan pada kesempatan pertama menuju sasaran tanpa harus melalui  Kepala Staf Angkatan seperti KASAD, KASAL dan KASAU.

Mayjen TNI Ricard T.H. Tampubolon juga menyampaikan bahwa Koopssus TNI menyelenggarakan fungsi sebagai Penangkal yang mampu mewujudkan daya tangkal terhadap ancaman yang bersifat khusus terhadap lawan, Koopssus juga memiliki fungsi sebagai penindak terhadap sasaran strategis terpilih dan juga sebagai pemulih yang mampu untuk memulihkan keadaan baik secara psikis maupun fisik terhadap terhadap sasaran yang diberikan oleh Panglima TNI.

 

Pos terkait