DANYONHOW 2 MAR Pimpin Peringatan HUT KE 75 RI, Serta Pelepasan Purna Tugas Prajuritnya

JurnalPatroliNews – Dispen Kormar(Surabaya).Prajurit Batalyon Howitzer 2 Marinir peringati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke 75 tahun 2020 dengan menyaksikan virtual live streaming di ruang rekreasi Batalyon Howitzer 2 Marinir, Karang Pilang, Surabaya, Jawa Timur. Senin(17/08/2020).

Kegiatan yang dipimpin oleh Komandan Batalyon Howitzer 2 Marinir Letkol Marinir Jumino, M.Tr.Hanla., ini diikuti oleh seluruh prajurit Yonhow 2 Mar yang diselenggarakan secara virtual live streaming melalui akun resmi Sekretariat Presiden atau melalui siaran langsung televisi nasional maupun swasta Indonesia.Dalam pelaksanaanya pada saat detik-detik proklamasi berlangsung secara bersamaan lonceng penjagaan dibunyikan serentak oleh seluruh Satlak di Kesatrian Sutedi Senaputra Karang Pilang, kemudian dilanjutkan dengan menyaksikan pembacaan naskah proklamasi yang dibacakan oleh Ketua MPR RI, H. Bambang Soesatyo, S.E., M.B.A. dan pengormatan pada saat pengibaran bendera merah putih.

Usai kegiatan peringatan HUT kemerdekaan Republik Indonesia ke 75 Tahun 2020 yang telah dilaksanakan dengan khidmat selanjutnya pemotongan tumpeng oleh Danyonhow 2 Mar yang diberikan kepada perwakilan prajurit teladan Peltu Marinir Kunarman, yang merupakan bentuk rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas keberkahan dan keridhoan-Nya.

Kegiatan dilanjutkan dengan tradisi pelepasan masa purna tugas prajurit “Sapu Jagad” Batalyon Howitzer 2 Mar Peltu Marinir Wargito, Peltu Marinir Sanali, dan Pelda Marinir Supracaya di ruang rekreasi Yonhow 2 Mar.

Dalam amanatnya Danyonhow 2 Mar menyampaikan, bahwa upacara ini merupakan wujud penghormatan yang disampaikan dengan penuh ketulusan dan kebanggaan oleh seluruh prajurit Yonhow 2 Mar kepada prajurit yang melaksankaan purna tugas atas dedikasi, loyalitas dan pengabdian yang tulus demi kemajuan dan kejayaan Batalyon yang kita cintai ini. “Disamping itu kita semua harus dapat menghayati nilai-nilai luhur kejuangan yang telah ditunjukkan oleh para purnawirawan, yang telah lebih dahulu berjuang dan mengabdi kepada negara dan bangsa”.

Lamanya waktu perjalanan pengabdian tidak lain dan tidak bukan semata-mata adalah mendukung tugas pokok Batalyon Howitzer 2 Marinir, tidaklah berlebihan jika seluruh prajurit Yonhow 2 Mar melaksanakan tradisi upacara pelepasan purna tugas sebagai bentuk penghormatan, terimakasih atas dedikasi yang ditunjukkan, “Terima kasih dan penghargaan yang tinggi atas jasa serta pengabdian yang telah diberikan kepada Kesatuan, Korps, Bangsa dan Negara selama ini,” pungkasnya.

Terkait Covid-19, Danyonhow 2 Mar juga mengingatkan untuk selalu jaga kesehatan, gunakan masker, sering cuci tangan dan jaga jarak untuk memutus mata rantai berkembangnya pandemik covid-19.