Delegasi TNI AL Dalam “19th International Symposium Forensic Dentistry”

JurnalPatroliNews – Jerman – TNI Angkatan Laut kembali aktif dalam event international dengan mengirimkan delegasi dalam sebuah simposium bertaraf internasional bertajuk “19 th International Symposium Forensic Dentistry” yang berlangsung dari tanggal 1 – 4 Agustus 2023 di Bundeswehr Medical Academy, Munich, Jerman. 

Dalam perhelatan tersebut, TNI AL menugaskan tiga orang delegasi yaitu Kepala Departemen Kedokteran Gigi Militer Ladokgi RE Martadinata Kolonel Laut (K) drg. Muh. Arifin., Kasi Alat Cekat Bag Orto RSGM Ladokgi RE Martadinata Mayor Laut (K) Irfan Wahyudi, dan Pabanda Datin Multilateral Ban V Straops dan Diplomasi Sopsal Mayor Laut (P) Muhammad Amarullah. 

Dalam kesempatan ini, Kolonel Laut (K) drg. Muh. Arifin, yang sekaligus sebagai Ketua Delegasi dari TNI AL berkesempatan menjadi pembicara dengan materi tentang implementasi pencatatan data antemortem gigi bagi prajurit TNI AL terutama pasukan kusus dan bagi prajurit penugasan khusus ke luar negeri. 

Perhelatan internasional tersebut dihadiri oleh 24 negara dan 139 delegasi yang terdiri dari dokter gigi forensik militer dan sipil serta profesor forensik gigi dari berbagai negara. 

Indonesia – Jerman telah menjalin kerjasama sejak lama dalam bidang kedokteran gigi militer dan sudah sering mengirimkan dokter gigi militer Indonesia untuk belajar di Jerman. Namun sempat terhenti beberapa waktu lalu dikarenakan pandemi dan saat ini kegiatan Indo-Jerman aktif kembali saling mengirimkan delegasi kedua negara apabila ada kegiatan ilmiah di bidang kedokteran gigi militer. 

Pada kesempatan terpisah, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali menyampaikan kepada seluruh prajurit TNI AL yang sedang bertugas di perhelatan internasional untuk terus memberikan yang terbaik dalam setiap tugas yang diamanahkan. “Jaga nama baik TNI AL, TNI, dan Bangsa Indonesia agar tetap harum di dunia internasional”, tegas Kasal. (ASKARA)

Komentar