Puspen TNI

Gaet Laskar Merah Putih, Satgas Yonif 413 Kostrad Meriahkan Hari Sumpah Pemuda

Avatar
×

Gaet Laskar Merah Putih, Satgas Yonif 413 Kostrad Meriahkan Hari Sumpah Pemuda

Sebarkan artikel ini
Jurnalpatrolinews – Jayapura-Papua : Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis Raider 413 Kostrad bersama Organisasi Laskar Merah Putih Jayapura menggelar peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-92 Tahun, bertempat di Pos Kotis Skouw Distrik Muara Tami Kota Jayapura. Demikian disampaikan Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif MR 413 Kostrad Mayor Inf Anggun Wuriyanto, S.H., M.Han. saat ditemui dilokasi acara peringatan hari Sumpah Pemuda, Rabu (28/10/2020).
Menurutnya kegiatan yang dilakukan secara sinergi bersama Ormas Laskar Merah Putih merupakan bukti nyata bahwa Pemuda mampu mengantarkan Indonesia ke depan pintu gerbang kemerdekaan dan turut memajukan kesejahteraan umum.
“Kami turut bangga bahwa masih ada Ormas seperti Laskar Merah Putih yang benar-benar berjiwa Merah Putih. Hal ini menunjukan bahwa Pemuda merupakan tulang punggung Negara dari mulai mengawal kemerdekaan hingga membawa Indonesia pada perubahan-perubahan positif dan memajukan kesejahteraan Negara secara umum,” ungkap Mayor Anggun.
Selain Organisasi Laskar Merah Putih, terdapat sembilan organisasi lainnya yang juga sama-sama mendukung serta merayakan semarak sumpah pemuda. Pada sela-sela kegiatan, nampak seluruh peserta mengumandangkan isi dari teks Sumpah Pemuda seperti halnya para Pemuda pendahulu bangsa Indonesia ketika menyuarakan bahwa Bangsa Indonesia Bertumpah Darah, Berbangsa dan Berbahasa Satu, yaitu Indonesia.
sementara itu, Ketua Markas Daerah Laskar Merah Putih Jayapura, Bapak Wilhelmus Rollo menyampaikan sambutan dalam kegiatan tersebut. “Mari kita duduk sama rendah dan berdiri sama tinggi, sehingga kita sebagai pemuda dapat menyongsong masa depan Indonesia yang lebih baik lagi,” ujarnya.
“Tak lupa kami juga mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Satgas Yonif MR 413 Kostrad yang telah membantu memfasilitasi dalam penyelenggaraan acara ini sehingga terlihat meriah seperti sekarang ini,” jelas Wilhelmus.
Ada hal unik dalam kegiatan tersebut yaitu pembentangan dua Bendera Raksasa sepanjang 28 Meter dan 20 Meter yang menandakan peringatan Sumpah Pemuda di tanggal 28 Oktober juga sebagai peringatan HUT Laskar Merah Putih yang ke 20 Tahun. Dua bendera tersebut diarak oleh peserta acara mulai dari Pos Pos Kotis Skouw Satgas Yonif MR 413 Kostrad berjalan menuju Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Skouw.