HUT Ke-16 Bakamla, Aan Kurnia: Kita Bisa Selamatkan Kerugian Negara Hampir Rp 4 Triliun

JurnalPatroliNews – Jakarta – Pada Hari Ulang Tahun (HUT) nya yang ke-16 hari ini, Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI menggelar Upacara sekaligus memamerkan sejumlah capaian Bakamla selama 2021, termasuk menyelamatkan potensi kerugian Negara hampir Rp 4 triliun.

“Alhamdulillah, Puji Tuhan, karena di HUT ke-16 ini, Bakamla, kinerja, kemudian hasilnya makin lama makin baik. Ini bisa saya buktikan. Sepanjang Tahun 2021, kita juga bisa mengamankan potensi kerugian Negara hampir Rp 4 triliun,” kata Laksamana Madya TNI Aan Kurnia, Kepala Bakamla, dalam jumpa Pers di kantor Bakamla, Jakarta Pusat, Rabu (29/12).

“Ini kalau ada pertanyaan dari mana bisa kita menyelamatkan, yang kegiatan Transhipment illegal saja nilainya hampir Rp 1,8 triliun. Belum lagi dari narkoba yang tadi 423 kg itu hampir Rp 2 triliun,” bebernya.

Lebih lanjut, Aan juga menambahkan keberhasilan kerja sama Bakamla dengan Ditjen Pajak dalam mengamankan kapal mangkir pajak. Menurutnya, kapal tersebut hendak kabur ke China hingga Madagaskar.

“Kemarin kita mengamankan kapal yang tidak membayar Pajak. Jadi ini hasil kerja sama dengan Dirjen Pajak. Kapal ini mau lari ke Tiongkok, kemudian mau lari ke Madagaskar. Kemudian bisa kita amankan,” lanjutnya.

Saat berpidato dalam acara itu, Ia bersyukur atas usia Bakamla yang semakin dewasa. Menurutnya, Bakamla punya peran penting dalam penegakan hukum di perairan Indonesia.

“Kita patut bersyukur, karena usia yang semakin matang, Bakamla dapat mewujudkan Jati Diri dan perannya sebagai penegak Hukum di perairan Indonesia dan yurisdiksi Indonesia,” tandasnya

Komentar