HUT ke-76 Korps Marinir, Lanmar Surabaya Bagikan Tali Asih untuk Pelaku Sejarah dan Anggota Sakit

JurnalPatroliNews – Menyongsong HUT ke-76 Korps Marinir, Pangkalan Korps Marinir Surabaya (Lanmar Sby) melancarkan kegiatan anjangsana sekaligus bagi-bagi tali asih untuk para pelaku sejarah, serta anggota yang sedang menderita sakit yang berdomisili di wilayah Jawa Timur, Kamis (11/11/2021).

Kegiatan yang dipimpin langsung oleh Komandan Lanmar Surabaya (Danlanmar Sby) Kolonel Mar Idi Rizaldi didampingi Ketua Cabang 6 PG Kormar Ny. Widy Rizaldi dan sejumlah Staf ini dilakukannya di beberapa tempat, antara lain dengan menemui saksi hidup sekaligus pelaku sejarah penggali lubang buaya saat terjadi peristiwa pemberontakan G30 S/PKI, yakni Pelda KKO (Purn) Soegimin di Ketintang, Surabaya, dan Serma KKO (Purn) Djoni Liem di Kembang Kuning, Surabaya.

Menurut Danlanmar Sby, Pemberian tali asih tersebut merupakan arahan dari Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono dalam rangka memperingati HUT ke-76 Korps Marinir TNI AL.

Pemberian tali asih tersebut, sambungnya, merupakan wujud kepedulian dari Komandan Korps Marinir, sekaligus sebagai sarana untuk menjalin silaturahmi. “Kegiatan ini sebagai wujud rasa cinta kasih, rasa saling menolong dan rasa peduli kepada sesama yang sedang membutuhkan uluran tangan serta wujud rasa syukur atas rezeki yang dilimpahkan Tuhan Yang Maha Kuasa,” imbuhnya.

Pada hari yang sama, kegiatan serupa dilanjutkan oleh Dankima Lanmar Sby Mayor Mar I Ketut Winarsa didampingi Ketua Ranting A Cabang 6 PG Kormar Ny. Fitri Ketut Winarsa dan sejumlah Staf dengan melakukan anjangsana di kediaman keluarga Alm. Serma KKO H. Samuri yang juga merupakan salah satu pelaku sejarah penggali lubang buaya saat terjadi peristiwa pemberontakan G30 S/PKI.

Beberapa saat kemudian, kegiatan yang sama dilakukan di rumah tempat tinggal Koptu Mar Nyaeran yang memang sudah 21 tahun terbaring di tempat tidur karena sakit luka tembak saat melaksanakan tugas operasi pemulihan keamanan di Ambon 21 tahun silam. Kegiatan tersebut dipimpin oleh Pasintel Lanmar Sby Letkol Mar Anang W., didampingi Dankima Lanmar Sby beserta isteri dan sejumlah Staf.

Selain itu, masih pada hari yang sama, Paspers Lanmar Sby Letkol Mar Agus Widodo, S.Pd. didampingi sejumlah Staf melakukan anjangsana ke rumah tempat tinggal Kapten Mar Nur Hadi yang sedang menderita sakit buta mata, di Karangtekok, Situbondo, serta ke kediaman keluarga Alm. Pelda KKO Evert Julius Ven Kandouw, Banyuwangi, Jawa Timur. Kegiatan tersebut berlangsung hingga Jumat pagi.

Pada Kamis malam, Lanmar Sby menggelar doa bersama dan yasinan rutin yang dirangkaikan dengan pemberian tali asih terhadap 24 anak yatim keluarga besar Lanmar Sby yang dipimpin Paslog Lanmar Sby Letkol Mar Ibnu Sri Muyadi didampingi sejumlah Staf.

Masih dalam rangka menyambut HUT ke-76 Korps Marinir, Jumat pagi (12/11/2021), ratusan Prajurit dan para pengurus Cabang 6 PG Kormar melaksanakan ziarah dan tabur bunga di TMP 10 November, Jl. Mayjen Sungkono, Surabaya, dipimpin Pasops Lanmar Sby Letkol Mar Andi Ichsan, S.H., M.M., M.Tr(Hanla).

Rupanya ziarah tak saja dilakukan di Surabaya, Dan Lanmar Sby Kolonel Mar Idi Rizaldi didampingi Ketua Cabang 6 PG Kormar Ny. Widy Rizaldi telah pula mengikuti kegiatan serupa yang dipimpin langsung oleh Komandan Korps Marinir Mayjen TNI (Mar) Suhartono yang juga didampingi Ketua PG Jalasenastri Korps Marinir Ny. Etta Suhartono, di TMP Kalibakung, Tegal, Jateng.

Bukan itu saja. Dalam semangatnya yang luar biasa, ratusan Prajurit Lanmar Sby tersebut seusai melaksanakan ziarah dan tabur bunga bergegas berganti pakaian dari doreng KKO (Marinir) beralih ke doreng TNI AL untuk segera melaksanakan ibadah Sholat Jumat dilanjutkan dengan istighotsah demi keselamatan dan kejayaan Korps Marinir TNI AL, yang juga dipimpin Pasops Lanmar Sby Letkol Mar Andi Ichsan, S.H., M.M., M.Tr(Hanla).

Komentar