Kasal: Penerbangan TNI AL Pegang Krusial Dalam Pelaksanaan Tugas

JurnalPatroliNews – Jakarta – Penerbangan TNI AL merupakan komponen Sistem Senjata Armada Terpadu (SSAT) yang memegang peran krusial dalam pelaksanaan tugas-tugas TNI AL. Luasnya perairan indonesia dan yurisdiksi nasional mutlak membutuhkan unsur udara sebagai “kepanjangan mata KRI” dalam melakukan berbagai operasi laut. Dengan kelebihannya pada aspek kecepatan, manuver dan jarak jangkau, unsur udara mampu meningkatkan efektivitas dan efisiensi operasi secara signifikan”.

Hal tersebut disampaikan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali dalam sambutannya pada puncak peringatan HUT Ke-68 Penerbangan TNI AL yang mengangkat tema “Puspenerbal Siap Mendukung Pembangunan Pertahanan TNI Angkatan Laut yang Kuat Menuju Indonesia Maju” di Apron Hanggar Pangkalan Udara TNI Angkatan Laut (Lanudal) Juanda, Pusat Penerbangan Angkatan Laut (Puspenerbal), Sidoarjo, Jawa Timur, Kamis (27/06).

Lebih lanjut disampaikan, sepanjang 68 tahun pengabdiannya, Penerbangan TNI AL telah mencatatkan pencapaian yang membanggakan. Fly Navy selalu hadir dan berperan aktif Pada Operasi Militer untuk Perang (OMP) Maupun Operasi Militer Selain Perang (OMSP). Hal itu terbukti dengan pelibatannya dalam Operasi Trikora, Operasi Dwikora, Operasi Seroja, operasi pembebasan sandera di Somalia dan Filipina, operasi perdamaian dunia yang tergabung dalam Maritime Task Force (MTF) Unifil, operasi kemanusiaan dan SAR serta operasi-operasi lainnya.

Pada peringatan puncak ini, diawali dengan Penyematan Brevet Kehormatan Penerbangan TNI AL yang diberikan kepada Wakasal Laksdya TNI Erwin S. Aldedharma, Dankodiklatal, Letjen TNI (Mar) Nur Alamsyah, Asops Kasal Laksda TNI Yayan Sofiyan, Asrena Kasal Laksda TNl Achmad Wibisono, Pangkoarmada I Laksda TNI Yoos Suryono Hadi, Pangkoarmada II Laksda TNI Ariantyo Condrowibowo, dan Pangkoarmada III, Laksda TNl Hersan. Usai Penyematan Brevet dilanjutkan dengan Upacara Parade dan Defile yang dihadiri para pejabat Utama Mabesal, para Pangkotama TNI/TNI AL, Forkompinda Jawa Timur dan undangan lainnya.

Komentar