Puspen TNI

Kepala Bakamla RI Hadiri Peluncuran Penyelenggaraan Sail Teluk Cendrawasih

Beno
×

Kepala Bakamla RI Hadiri Peluncuran Penyelenggaraan Sail Teluk Cendrawasih

Sebarkan artikel ini

JurnalPatroliNews – (Bakamla RI/Indonesian Coast Guard) – Kepala Bakamla RI Lakdya TNI Dr. Aan Kurnia menghadiri undangan Peluncuran Penyelenggaraan Sail Teluk Cendrawasih di Gedung Sarinah, Jakarta Pusat, Jumat (3/2/2023). Secara simbolis Sail Teluk Cendrawasih diresmikan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut B. Pandjaitan dengan memukul Tifa yang didampingi Kepala Bakamla RI, Kepala Staf Kepresidenan, Menteri KKP, Menteri PUPR, Menteri ESDM, Menteri Investasi/ Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal dan Menperin.

Sail Teluk Cendrawasih akan diadakan di Provinsi Papua dan berlokasi di empat kabupaten. Yaitu Biak Numfor, Waropen, Kepulauan Yapen, dan Sarmi. Tema yang diusung adalah ‘Memperkuat Kedaulatan Maritim Indonesia di Pasifik. Dalam sambutannya, Luhut B. Pandjaitan mengatakan ada tiga fokus utama kegiatan ini, yaitu ekspor perikanan, investasi, dan pengembangan potensi daerah. “Kegiatan ini agar dapat mengakselerasi peningkatan kualitas dan kuantitas ekspor hasil kelautan. Hal ini meliputi percepatan pembangunan sarana prasarana pendukung, penyiapan SDM yang kompeten dan berdaya saing, dukungan pascapanen, rantai dingin yang mendukung ekspor perikanan, dan regulasi yang mendukung iklim usaha,” tuturnya. 

JPN - advertising column


Example 300x600
JPN - advertising column

Di Sail Teluk Cendrawasih ini juga akan diadakan forum investasi untuk menarik para calon investor yang dapat merangsang pembangunan daerah. Pelaksanaan pameran dan festival seni budaya yang berlangsung selama tiga hari ini juga adalah contoh baik dalam upaya mempromosikan potensi daerah. “Saya berpesan agar Pemda dapat menjadi garda terdepan dalam memfasilitasi, membeli, dan menggunakan berbagai produk lokal berkualitas dari daerahnya. Hal ini adalah bentuk konkret dari semangat Bangga Buatan Indonesia dan cinta produk dalam negeri,” ucap Luhut B. Pandjaitan.

Diharapkan kegiatan Sail Teluk Cenderawasih tidak hanya menjadi kegiatan yang sekali selesai, tetapi dapat berlanjut pada tahun-tahun berikutnya. Dengan demikian, berbagai program, aktivitas, dan pembangunan yang telah terinisiasi melalui kegiatan ini dapat terus dilanjutkan dan dikembangkan, khususnya oleh Pemerintah Provinsi Papua demi kesejahteraan masyarakat. “Saya sampaikan apresiasi kepada Provinsi Papua atas penyelenggaraan Sail Teluk Cendrawasih. Saya harap melalui kegiatan ini dapat meningkatkan kemampuan dalam mempercepat pertumbuhan ekonomi daerah,” jelas Luhut B. Pandjaitan.(Humas Bakamla RI)

Editor: Beno