Kerja Bakti TNI AL di Pantai Hamadi Papua, Berhasil Kumpulkan Ratusan Karung Sampah

JurnalPatroliNews – Jakarta,- Guna menjaga kebersihan serta kelestarian lingkungan alam, khususnya di wilayah pesisir, prajurit Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) X Jayapura, melaksanakan kerja bakti kebersihan di Pantai Hamadi, Distrik Jayapura, Papua, akhir pekan kemarin.

Sejumlah satuan TNI AL dikerahkan dalam kerja bakti ini, selain melibatkan prajurit Lantamal X, juga ikut serta para prajurit dari Satuan Kapal Patroli (Satrol) Lantamal X dan Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) X Jayapura.

Selain itu, sejumlah warga komplek Hamadi dan warga sekitarnya turut berpartisipasi dalam kegiatan kerja bakti ini.

Diketahui Pantai Hamadi di Jayapura merupakan eks venue layar pada penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua tahun 2021 yang lalu.

Komandan Lantamal X Jayapura, Brigjen TNI (Mar) Ludi Prastyono dalam kegiatan tersebut menyampaikan bahwa menjaga kebersihan pantai merupakan tanggung jawab bersama sehingga perlunya kesadaraan pada semua untuk tidak membuang sampah sembarangan dan membuang sampah pada tempatnya.

Ratusan karung sampah yang telah berhasil dikumpulkan oleh peserta kerja bakti, selanjutnya diangkut petugas kebersihan untuk dipilah dan dibawa ke Tempat Pembuangan Sampah (TPS).

“Program ini akan rutin kita laksanakan, sehingga lingkungan pantai menjadi bersih dan terjaga, selain itu dengan terlaksananya kerja bakti kebersihan dapat membantu Pemerintah Kota Jayapura dalam proses pembersihan dan penataan kota”, pungkas Danlantamal X.

Dalam kesempatan terpisah, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali menekankan kepada seluruh personel TNI AL untuk turut mengambil peran dalam kegiatan masyarakat, salah satunya menjaga kebersihan lingkungan sekitar sebagai bentuk tanggung jawab atas tugas yang diamanahkan, serta keberadaan TNI AL harus bermanfaat bagi masyarakat sekitarnya.

Komentar