Kodam Kasuari Dan Kemhan RI, Sosialisasikan Rekrutmen Komcad Matra Darat Tahun 2023

JurnalPatroliNews – Manokwari. kasuari18-tniad.mil.idKodam XVIII/Kasuari bekerjasama dengan Kementerian Pertahanan Republik Indonesia, menggelar sosialisasi UU No. 23 Tahun 2019 tentang PSDN (Pengelolaan Sumber Daya Nasional) untuk Pertahanan Negara dalam hal ini Komponen Cadangan (Komcad) Tahun 2023, di Aula Makodam, Trikora, Arfai 1, Maokwari, Papua Barat, Selasa (31/1/2023).

Komcad yaitu sumber daya nasional yang telah disiapkan untuk dikerahkan melalui mobilisasi guna memperbesar dan memperkuat kekuatan dan kemampuan komponen utama yaitu TNI.

Dirjen Pothan Kemhan RI, Mayjen TNI Dadang Hendrayudha selaku Ketua Tim sosialisasi menyampaikan bahwa kegiatan yang dilakukan ini semuanya adalah untuk Negara dan Bangsa Indonesia yang harus dibangun dan menajdi tanggungjawab bersama. “Konsep Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2019 ini adalah sesuatu yang sangat mutlak dilakukan oleh Indonesia dan tahun ini di Kodam XVIII/Kasuari akan menyiapkan 200 orang untuk di didik manjadi personel Komcad, saya berharap selama dilatih tiga bulan akan menjadi roll model dilingkungannya masing-masing,” ucapnya.

Disamping itu, selama 3 Bulan pendidikan, para siswa Komcad yang sedang mengikuti pendidikan akan diberikan uang saku setiap bulannya sebesar 1.850.000,-. “Landasan Konstitusi pembentukan Komcad yang perlu digaris bawahi adalah UUD 1945, Pasal 27 (3) Setiap WN Berhak dan wajib Ikut serta dalam upaya Pembelaan Negara dan PASAL 30 (1) Tiap2 WN Berhak dan wajib Ikut serta dalam usaha Hankamneg yang kemudian 57 tahun terbentuk UU NO 3 TH 2002 tentang Pertahanan Negara pada Pasal 7 ayat (2) Sistem Hanneg dalam menghadapi ancaman militer menempatkan TNI sebagai Komponen Utama didukung oleh Komcad dan Komponen Pendukung,” ungkapnya.

Sementara itu, Kasdam XVIII/Kasuari, Brigjen TNI Yusuf Ragainaga dalam sambutannya mengatakan bahwa rekrutmen Komcad merupakan suatu kehormatan bagi Kodam XVIII/Kasuari, Pemerintah dan seluruh Stake Holder. “Kegiatan ini sangat penting dalam rangka mendukung pertahanan Negara, momen ini harus digunakan secara maksimal dan Kodam XVIII/Kasuari diharapkan mengikuti kegiatan Sosialisasi ini dengan antusias karena rekrutmen ini adalah yang ke tiga kalinya, kita sangat berharap, partisipasi seluruh masyarakat Papua Barat dan Papua Barat Daya untuk ikut ambil bagian dalam program bela negara melalui rekrutmen penerimaan Komcad dengan mensosialisasikan dan mengajak seluruh masyarakat yang memenuhi syarat untuk ikut program rekrutmen komponen cadangan sebagai salah satu bentuk pengabdian dan kecintaan kita kepada bangsa dan negara,” kata Kasdam dalam sambutannya.

Sebagai informasi, pendaftaran Komcad Matra Darat Tahun 2023 ini dapat diikuti mulai mulai dari umur 18 tahun sampai dengan 35 tahun dengan pendaftaran online melalui website https://komcad.kemhan.go.id dengan nomor whatsapp 089619370020.

Kegiatan Sosialisasi ini secara langsung disampaikan oleh Kolonel Arm Rudi Setiawan dilanjutkan secara virtual untuk jajaran Kodam XVIII/Kasuari di ruang Posko Kodam XVIII/Kasuari dipimpin langsung oleh Dirjen Pothan Kemhan RI didampingi Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI Gabriel Lema, S.Sos.

Ikut hadir dalam kegiatan ini, para unsur Forkopimda Papua Barat, para pejabat Kodam dan Polda Papua Barat, para Kepada Dinas, Kepala Suku Besar Arfak, para Tokoh Masyarakat, Adat, Agama diwilayah Papua Barat, unsur BUMN dan BUMD dan Mahasiswa, serta diikuti melalui Vicon oleh seluruh jajaran Kodam XVIII/Kasuari.

Komentar