Kodim Maybrat Kembalikan Pengungsi Kampung Kisor Distrik Aifat Selatan

JurnalPatroliNews – Maybrat,- Anggota Kodim 1809/Maybrat Di pimpin Pasi Ter Kodim 1809/Maybrat Kapten Arh Untung Wiyono melaksanakan penjemputan pengungsi sebanyak 100 orang dari Kampung Kisor yang mengungsi ke beberapa kampong, Jum’at (24/12/2021).

100 orang pengungsi tersebut tersebar di Kampung Kroom sebanyak 85 orang, Kampung Kumurkek sebanyak 9 orang dan Kampung Fategomi sebanyak 6 orang.

Pengungsi tersebut merupakan masyarakat yang melakukan perpindahan Pasca  penyerangan dan pembantaian Posramil Kisor, Kampung Kisor Distrik Aifat Selatan kabupaten Maybrat, Papua Barat yang dilakukan Kelompok Separatis Teroris (KST) Papua pada 2 September 2021 silam.

Sebelumnya, pihak Kodim telah melakukan kordinasi dan pendataan ppengungsi, penyiapan alat transportasi dan personel pengawalan hingga penjemputan dan pengantaran serta memberikan bantuan tenaga untuk pembenahan rumah tinggal.

Pasiter pada kesempatan tersebut mengatakan kepada pengungsi bahwa wilayahnya saat ini aman sehingga tidak perlu khawatir untuk kembali ke rumah masing-masing karena dijaga oleh aparat TNI dan Polri.

“Kami pihak TNI dan Polri memberikan rasa aman kepada seluruh masyarakat dan menghimbau untuk kembali beraktifitas seperti sedia kala, kami memfasilitasi proses kembali ke rumah masing- masing”.

“Ini merupakan perintah Dandim Maybrat untuk melakukan terobosan pengembalian pengungsi, dan menindaklanjuti arahan serta pernyataan Pangdam XVIII/Kasuari beberapa waktu lalu bahwa wilayah Kisor aman.”tegasnya.

Sementara itu, Kadis Pertanahan Maybrat, Yustus Waiber memberikan arahan kepada pengungsi dan mengatakan bahwa sebentar lagi Natal tiba dan di rayakan sehingga pengungsi sebaiknya pulang dan merayakan natal di rumah masing-masing.

“Bahwa pemerintah daerah Kabupaten Maybrat menghimbau para pengungsi untuk kembali ke rumah masing-masing untuk menyambut Hari Raya Natal dan tahun baru”ujarnya.

Setelah tiba di Kampung Kisor Distrik Aifat Selatan selanjutnya warga masyarakat berdo’a di Gereja Fito Kampung Kisor, Distrik Aifat di pimpin oleh Pendeta Assem.

Turut hadir dalam penjemputan Kadis pendapatan Bpk. Melianus, Kadis pertanahan Bpk. Yustus Waiber, Dp3A perlindungan anak Yuliana Isir, Anggota Kodim 1809/Maybrat Babinsa, Anggota Polres Sorsel,  Personel BKO Kodim dan Anggota Yonif 762 .

Komentar