Kogabwilhan I Gelar Upacara Peringatan HUT Ke-77 TNI di Tanjungpinang 

JurnalPatroliNews – Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan I) menggelar upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-77 TNI di Provinsi Kepri, bertempat di Lapangan Monumen Gong-Gong, Tanjungpinang, Rabu (5/10/2022).

Upacara HUT Ke-77 TNI mengusung tema “TNI Adalah Kita” diikuti oleh seluruh unsur satuan dari tiga matra TNI serta Gubernur Kepulauan Riau, Satuan Polisi Pamong Praja, Organisasi Kepemudaan, dan Pramuka yang ada di Kepulauan Riau.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara mewakili Pangkogabwilhan I Laksdya TNI Muhammad Ali, S.E., M.M., M.Tr.Opsla. yaitu Kepala Staf Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kas Kogabwilhan) I Mayjen TNI Lismer Lumban Siantar, S.IP. Sedangkan Komandan Upacara dipimpin oleh Letkol Inf Galih Bramantyo yang sehari-hari menjabat sebagai Komandan Kodim 0316/Batam.

Dalam amanat Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa yang dibacakan Mayjen TNI Lismer Lumban Siantar menyebutkan, berdasarkan hasil survei beberapa lembaga, TNI mendapat kepercayaan tertinggi dari masyarakat, dengan tingkat kepercayaan sebesar 93 persen demikian juga survei berbagai lembaga lainya.

Oleh karena itu, Panglima TNI mengatakan pihaknya menghimbau pada seluruh Prajurit dan PNS TNI, untuk selalu menjaga kepercayaan masyarakat tersebut, dengan bertindak dan berucap sesuai dengan Tugas Pokok TNI.

Sementara itu, Gubernur Provinsi Kepri Ansar Ahmad mengapresiasi kehadiran TNI yang terus menjaga keutuhan dan kedaulatan NKRI. Ansar berpendapat, dengan semakin beragamnya jenis ancaman yang dihadapi oleh Indonesia, terutama di Kepri sebagai daerah yang berbatasan langsung dengan negara tetangga kehadiran TNI di Kepri sangat dibutuhkan.

“Kita harap, TNI terus meningkatkan profesionalisme, kekuatan militer suatu negara biasanya menjadi indikator sebuah negara dapat disegani oleh negara lain, kita juga terus memberikan kontribusi kerjasama dengan TNI untuk mendukung kedaulatan NKRI,” ujarnya.

Dalam upacara HUT TNI di Kepri ini, juga ditampilkan berbagai demonstrasi dan unjuk kemampuan TNI dalam berbagai skenario, diantaranya simulasi pembebasan sandera awak kapal ikan dan pembebasan pejabat VVIP.

Turut hadir dalam upacara HUT TNI tersebut yaitu Kapolda Kepri Irjen Pol. Aris Budiman, Danlantamal IV Laksma TNI Kemas M. Ikhwan Madani, Danrem 033/WP Brigjen TNI Yudi Yulistyanto, Kabinda Kepri Laksma TNI Ardiansyah, Walikota Tanjungpinang Hj. Rahma, dan sejumlah unsur Forkopimda Kepri lainnya.

Komentar