Korem 174 Ajak BPBD, BMKG dan Basarnas Atasi Bahaya Karhutla di Wilayah Merauke

  • Whatsapp

Jurnalpatrolinews – Merauke : Korem 174/ATW Merauke menggelar Latihan Penanggulangan Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Kebon Coklat, Distrik Tanah Miring, Merauke, mulai tanggal 19 sampai dengan 23 Oktober 2020.

Latihan yang akan digelar selama lima hari tersebut,  Korem 174/ATW melibatkan instansi terkait yaitu Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) serta Badan SAR Nasional (Basarnas) yang berada di wilayah Kabupaten Merauke.

Bacaan Lainnya

Dalam latihan tersebut, nantinya akan disimulasikan tentang langkah-langkah dalam mengatasi atau penanggulangan terhadap adanya bencana kebakaran hutan dan lahan.

Latihan Penanggulangan Bencana Karhutla yang diikuti oleh 150 prajurit jajaran Korem 174/ATW dibuka secara resmi oleh Danrem Merauke Brigjen TNI Bangun Nawoko, bertempat di Aula LB. Moerdani Korem 174 Merauke, Jalan Poros Tanah Miring, Kabupaten Merauke, Papua, Senin (19/10/2020).

Hadir dalam acara pembukaan yakni para Kepala Seksi (Kasi) Korem, para Komandan Satuan (Dansat) dan Badan Pelaksana Dinas Jawatan (Balakdisjan) jajaran Korem 174/ATW Merauke.

Pembukaan ditandai dengan penyematan tanda peserta Latihan Penanggulangan Bencana Karhutla oleh Brigjen TNI Bangun Nawoko kepada perwakilan Penyelenggara dan Pelaku dalam latihan.

Dalam pengarahannya kepada seluruh personel yang terlibat dalam latihan, Danrem 174 Merauke menekankan agar melaksanakan latihan tersebut dengan semaksimal mungkin. Danrem juga meminta agar dalam pelaksanaan nantinya dapat memaksimalkan kerja sama dengan berbagai instansi atau pihak yang terkait.

Harapannya agar latihan ini dapat berjalan dengan baik dan berhasil guna sesuai dengan tujuan dari digelarnya latihan,” terangnya.

Lebih lanjut dikatakan bahwa latihan yang akan dilaksanakan dari tanggal 19 sampai dengan tanggal 23 Oktober 2020 telah mendapatkan apresiasi dan ekspektasi yang sangat tinggi dari Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Herman Asaribab.

Untuk itu, sekali lagi saya tekankan kepada seluruh pelaku dan penyelenggara, agar dapat melaksanakan kegiatan ini dengan maksimal dan sungguhsungguh,” tegas Brigjen TNI Bangun Nawoko.

Pos terkait