Korps Marinir Ikut Dalam Pacific Command Amphibious Leaders Simposium (PALS) 2021

JurnalPatroliNews – Jakarta,– Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI Mar Suhartono, diwakili oleh Sahli E bidang Kerja sama militer Korps Marinir, Kolonel Mar Didiet Hendra Wijaya, M.MP, mengikuti Kegiatan Pacific Command Amphibious Leaders Symposium (PALS) 2021 YANG dilaksanakan secara virtual di Hotel Shantika Jln TMII Jakarta Timur, Kamis (20/05/2021).

Acara dipimpin langsung Lieutenant General Steven Rudder, Commander, U.S. Marine Corps Forces, Pacific (MARFORPAC) dan dibuka oleh Keynote Address dari Admiral John Aquilino, Commander U.S. Indo Pacific Command.

Dalam kondisi normal, Kegiatan PALS merupakan pertemuan tahunan yang diselenggarakan oleh U.S. MARFORPAC di Hawaii ataupun di negara-negara sahabat yang bertindak sebagai co-host. Pertemuan tahunan ini diikuti oleh para Pimpinan pasukan pendarat (Angkatan Laut dan Marinir) dari negara-negara Indo-Pasifik. Selain kegiatan simposium dilaksanakan pula observation study yang dilaksanakan melalui demonstrasi simulasi operasi militer yang dilaksanakan oleh negara tuan rumah sesuai dengan tema yang diusung dalam forum tersebut.

Namun demikian, mengingat situasi pandemi COVID-19, maka kegiatan PALS 2021 dilaksanakan secara virtual dan dihadiri oleh 26 perwakilan Angkatan Laut dan Korps Marinir negara-negara di kawasan Indo-Pasifik.

Dalam pertemuan ini disampaikan paparan tentang Role Of Amphibious Forces Against Non- Traditional Threats In The Indo-Pacific oleh Republic of Korea Marine Corps, Regional Interoperability oleh Australian Army, dan Force Development oleh Philipinne Marine Corps dan Japan Ground Self Defense Force. Selain itu, disampaikan juga rencana penyelenggaraan PALS tahun 2022 di Jepang.

Dalam kegiatan ini, TNI AL diwakili oleh Paban V Straops dan Diplomasi Sopsal Kolonel Laut (P) Bambang Dharmawan, S.E., M.Sc., Dansatfib Koarmada I Kolonel Laut (P) Rizal Musa Karim, S.E., Danyon Bekpal 1 Mar, Letkol Mar Budi Cahyono, M.Tr.Opsla dan Pabandya Analev Sops Kormar, Mayor Mar Bagus Sutrisno, S.E.

(***/Bn)

Komentar