Latma Gema Bhakti 2022 Tingkatkan Interoperabilitas Antar Satuan

JurnalPatroliNews – Latihan bersama Gema Bhakti pada tahun 2022 sungguh berbeda dengan tahun sebelumnya, karena melibatkan Prajurit TNI dari satuan Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) TNI, sehingga latihan ini dapat meningkatkan koordinasi dan interoperability antar satuan, meningkatkan kapasitas dan intimate cooperation respect antara TNI dan US.

Demikian disampaikan Asops Kogabwilhan III Brigjen TNI Ari Yulianto bersama The Adjutant General Hawaii National Guard Major General Kenneth Shiro Hara dan Paban VII/Latma Sops TNI Kolonel Inf Sri Widodo, dihadapan awak media pada acara Latihan Bersama Gema Bhakti ke-10 tahun 2022 bertempat di Hotel Ritz Carlton Jakarta, Jumat, 9 September 2022.

Dalam kesempatan tersebut, Paban VII/Latma Sops TNI Kolonel Inf Sri Widodo menyampaikan bahwa peserta Latma Gema Bhakti tahun ini terdiri dari TNI AD, TNI AL, TNI AU, Kogabwilhan TNI dan juga turut serta instruktur dari Sesko TNI. Hal ini akan membuat latihan berjalan dengan baik dan lancar, sehingga diantara personel kedua negara bisa saling menimba ilmu dan menerapkannya di satuan masing-masing.

Gema Bhakti pada tahun 2022 diikuti oleh 110 personel dari TNI dan USINDOPACOM, merupakan Latihan Bersama yang ke-10 dilaksanakan mulai tanggal 9 s.d. 16 September 2022. Latma ini menggunakan metode latihan staff exercise, yang dirancang untuk meningkatkan perencanaan dan proses staf tingkat operasional bersama untuk tanggap krisis.

Komentar