Mayjen TNI Maruli Resmi Jabat Pangdam Udayana, KSAD Pimpin Sertijab, Ini Daftarnya

Jakarta – KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa memimpin acara serah-terima jabatan atau sertijab dan penyerahan jabatan di jajaran TNI AD.

“Mayjen TNI Maruli Simanjuntak resmi menjabat Pangdam IX/Udayana”

Sertijab jajaran TNI AD bertempat di lantai dasar Gedung E Markas Besar Angkatan Darat (Mabesad),
Jakarta, Senin (23/11/2020). Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad) Brigjen TNI Nefra Firdaus menjelaskan jabatan penting yang dimaksud, yaitu Ka RSPAD Gatot Soebroto, Pangdam I/Bukit Barisan, Pangdam Iskandar Muda, Pangdam IX/Udayana, dan Kapuskesad.

Perwira tinggi yang mengisi jabatan-jabatan strategis tersebut salah satunya Mayjen TNI dr Albertus Budi Sulistya menjabat Ka RSPAD Gatot Soebroto (sebelumnya menjabat Kapuskesad). Sementara itu, Kapuskesad diisi Brigjen TNI dr Budiman (sebelumnya menjabat Kapusrehab Kemhan RI).

“Sertijab di tingkat Kotama yaitu Pangdam I/Bukit Barisan kini dijabat Mayjen TNI Hassanudin, Pangdam Iskandar Muda dijabat Mayjen TNI Achmad Marzuki, dan jabatan Pangdam IX/Udayana diamanahkan KSAD kepada mantan Danpaspampres Mayjen TNI Maruli Simanjuntak,” terang Nefra.

Sementara itu, mantan Pangdam I/Bukit Barisan Mayjen TNI Irwansyah dan mantan Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Kurnia Dewantara akan menjadi pati Mabes TNI AD. Mutasi jabatan tersebut dikarenakan keduanya akan segera memasuki masa pensiun.

Acara sertijab jajaran TNI AD diikuti penandatanganan berita acara serah-terima jabatan Ketua Persit KCK daerah maupun Ketua Persit KCK cabang oleh masing-masing Ketua Persit yang melaksanakan serah-terima dan dilanjutkan dengan penerimaan laporan korps kenaikan pangkat dari tiga orang pati TNI AD, yakni Letjen TNI Benny Susianto Irjenad, Brigjen TNI Saturninus Aldian Sahli Tk II LH Sahli Bid Wassus dan LH Panglima TNI serta Brigjen TNI Haris Sufi Anwari, Dandenma Mabes TNI.

“Kegiatan ini berjalan lancar. Dari mulai pembukaan, penayangan video profil para pati yang melaksanakan sertijab maupun laporan naik pangkat, disambung prosesi acara sertijab dan kenaikan pangkat pati serta foto bersama,” sebut Nefra.

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto  sebelumnya melakukan mutasi jabatan di lingkungan TNI. Ada 129 perwira tinggi (pati) dari tiga matra yang dimutasi.

Mutasi dan promosi ini didasarkan pada Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/911/XI/2020 tanggal 18 November 2020 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia.

Dalam SK tersebut, ada pergantian di posisi Wakil Kepala Staf TNI AD (Wakasad). Selain itu, ada pergantian panglima di Komando Daerah Militer (Kodam), seperti Kodam Cenderawasih, Kodam Bukit Barisan, Kodam Iskandar Muda, dan Kodam Udayana.

Jabatan Komandan Pasukan Pengaman Presiden (Danpaspampres) dan Komandan Pasukan Marinir (Danpasmar) pun mengalami pergantian. Pergantian jabatan juga terjadi di posisi Kepala Dinas Penerangan TNI AU (Kadispenau) dan Kepala RSPAD Gatot Soebroto.

Berikut sejumlah mutasi yang terjadi:

1. Mayjen Herman Asaribab dari Pangdam XVII/Cenderawasih menjadi Wakasad
2. Mayjen Ignatius Yogo Triyono dari Dansecapaad menjadi Pangdam XVII/Cenderawasih.
3. Kolonel M Yani Amirullah dari Dansekkau menjadi Danlanud Adisucipto
4. Brigjen TNI (Mar) Hermanto dari Danlantamal III Jak Koarmada I menjadi Danpasmar-1 Kormar
5. Mayjen TNI dr Albertus Budi Sulistya dari Kapuskesad menjadi Kepala RSPAD Gatot Soebroto
6. Brigjen TNI dr Budiman dari Kapusrehab Kemhan menjadi Kapuskesad
7. Mayjen TNI Hasanudin dari Pangdam Iskandar Muda Menjadi Pangdam Bukit Barisan
8. Mayjen TNI Achmad Marzuki dari Ir Kostrad menjadi Pangdam Iskandar Muda
9. Mayjen TNI Maruli Simanjuntak dari Danpaspampres menjadi Pangdam IX/Udayana
10. Brigjen TNI Agus Subiyanto dari Danrem 061/SK (Bogor) Kodam III/Siliwangi menjadi Danpaspampres
11. Laksma TNI Irvansyah dari Waasops Kasal menjadi Pangkolinlamil
12. Kolonel Pnb Indan Gilang Buldansyah dari Paban IV/Renprogar Srenum TNI menjadi Kadispenau
13. Marsma TNI Deni Hasoloan dari pangkosek Hanudnas IV Bik menjadi Danlanud Supadio
14. Kolonel Pnb Fakhrizet dari Paban I/Dok Ditdok Kodiklatau menjadi Danlanud Atang Sanjaya
15. Kolonel Laut (P) Adriansyah dari Kasubdit Malut dan Papua pada Deputi Bidang Intelijen Dalam Negeri BIN menjadi Kabinda Sulawesi Utara BIN
16. Kolonel Inf Sulaiman dari Kabag Dukops pada Binda Kalimantan Utara pada Deputi Bidang Intelijen Dalam Negeri BIN menjadi Kabinda Kalimantan Utara BIN.

(*/lk)

Komentar