Pangdam V Mendampingi Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman dan Rombongan Dalam Panen Raya Padi di Tulungagung

JurnalPatroliNews – Tulungagung,- Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Nurchahyanto M.Sc., mendampingi Kasad Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman dan rombongan dalam  kunjungan kerja ke Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, Jumat, (7/10/2022).

Dalam kunjungan tersebut, Kasad Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman melakukan panen raya padi bersama petani di kawasan Desa Mojoarum Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung. Kegiatan tersebut bertujuan mewujudkan ketahanan pangan nasional dan meningkatkan perekonomian masyarakat.

“TNI AD harus hadir ditengah-tengah masyarakat, apapun kesulitannya. Dan TNI AD juga harus menjadi solusi bagi rakyatnya. Termasuk dalam hal ketahanan pangan,” tegas Jenderal Dudung.

Lebih lanjut dijelaskan, dalam merealisasikan program ketahanan pangan nasional, TNI AD memiliki target sebesar 8 juta hektar di bidang pertanian seperti padi dan jagung. Dengan rincian 1 juta hektar untuk penanaman padi, dan 7 juta hektar untuk penanaman jagung.

“Baik melalui proses pembinaan Babinsa, maupun pengaktifan kembali lahan kosong milik TNI, sehingga menghasilkan produksi padi,” jelasnya.

Menurut Jenderal Dudung, Ada beberapa alasan yang membuat dirinya gencar merealisasikan ketahanan pangan. Salah satunya, sesuai arahan Presiden RI, Jenderal Dudung diminta turut membantu mensejahterakan pemerintah  ditingkat daerah maupun pusat, dan  mensejahterakan prajurit.

“Nah, kenapa harus ketahanan pangan?,  Kita bisa lihat sendiri selama dua tahun belakangan ini ketika diterpa Covid-19. Banyak masyarakat yang terdampak. Seperti pemutusan lapangan kerja, banyaknya pengangguran, kurangnya efektifitas produksi pertanian. Sehingga hal ini lah yang menjadi alasan kita untuk terus menggalakkan ketahanan pangan,” terang Jenderal Dudung.

Selain panen raya padi, Kasad Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman juga meresmikan pembangunan sumur bor (secara virtual) yang dilaksanakan oleh Kodim 0806/Trenggalek. Peresmian sumur bor tersebut dalam rangka TNI Manunggal air guna mencukupi kebutuhan air bersih bagi warga desa Tanggaran, Kecamatan Pule.

Komentar