Pangkogabwilhan I Hadiri Undangan Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Bidang Operasi Tahun 2022

JurnalPatroliNews – Kep. Riau,- Pangkogabwilhan I Laksdya TNI Muhammad Ali, S.E., M.M., M.Tr.Opsla. Menghadiri undangan rapat koordinasi lintas sektoral bidang operasional tahun 2022 di ruang vicon Mapolda Kepulauan Riau, Batam, Kamis (14/4/2022).

Dalam kegiatan ini Kapolda Kepri Irjen Pol. Aris Budiman menyampaikan rapat koordinasi lintas sektoral bidang operasional tahun 2022 dilaksanakan untuk memperoleh masukan setiap dari seluruh Jajaran dan instansi terkait dalam persiapan pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1443 H dimasa pandemi Covid-19 saat ini.

Sementara itu, Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si menegaskan Beberapa Poin dalam penyampaian materinya pada Rakor Lintas Sektoral Bidang Operasional yaitu Akselerasi Vaksinasi di Daerah Tujuan Mudik, Upaya dalam Menjaga Protokol Kesehatan, Stabilitas Ketersediaan Minyak Goreng dan Bahan Pangan lainnya serta Persiapan Jelang Idul Fitri.

Dalam Materinya, Menko PMK RI Muhadjir Effendy menyampaikan Pemerintah telah menetapkan hari libur nasional dan cuti bersama tahun 2022 serta syarat perjalanan mudik dan libur lebaran tahun 2022. Antisipasi pergerakan mobilitas masyarakat dalam rangka mudik Hari Raya Idul Fitri 2022,  dan relaksasi kebijakan mudik dengan syarat booster akan memulihkan budaya dan silaturahim.

Menteri Perhubungan RI Ir. Ir. Budi Karya Sumadi menyampaikan Kementerian Perhubungan dan jajaran akan memastikan  sarana angkutan di semua moda dengan melakukan Ramp Check semua sarana angkutan yang akan di Operasionalkan. Kementerian Perhubungan telah melakukan koordinasi intensif pada Jumat 1 April 2022 di bawah koordinasi Menko PMK untuk mengantisipasi dan mempersiapkan angkutan Lebaran 2022, Potensi adanya peningkatan PMI yang akan mudik ke Indonesia paska pelonggaran syarat perjalanan Internasional dan potensi kepulangan jamaah umroh yang tinggi paska meningkatnya keberangkatan umroh pada bulan puasa.

Menteri Kesehatan RI Ir. Budi Gunadi Sadikin, CHFC, CLU mengatakan “Kami menyiapkan beberapa  Strategi pelaksanaan vaksinasi di bulan suci ramadhan untuk di sosialisasikan bersama MUI serta kami mengapresiasi dukungan Polri dalam percepatan program vaksinasi Covid-19”.

“Sedangkan, Terkait dengan masalah kesiapan menghadapi persiapan idul Fitri dalam konteks pengamanan dan juga tugas kami Selaku menteri dalam negeri sebagai pembina sekaligus pengawas pemerintah daerah yaitu arus mudik Dan arus balik harus sesuai dengan konsep bapak Kapolri dan juga bapak menteri perhubungan yang sudah disiapkan, tentu kami akan mengeluarkan surat edaran agar setiap daerah membuat Satgas dalam rangka untuk mengembangkan arus mudik dan arus balik,” tutur Mendagri RI Drs. H. Tito Karnavian M.A., Ph.D.

Komentar